Diterbitkan pada tanggal: Sep 27, 2016 @ 19:43 Edit

FBS (Fakultas Bahasa dan Seni) Universitas Negeri Semarang selenggarakan Kuliah Umum dengan tema “Pengembangan Budaya Literasi Melalui Academic and Creative Writing” di Gedung B6 FBS Kampus Unnes Sekaran, Selasa (27/9).

Kuliam Umum dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FBS Prof Dr Subyantoro MHum. Dalam sambutannya Subyantoro menyampaikan aktivitas tulis menulis merupakan ciri kaum akademisi, maka dari itu Fakultas hadir dan memberikan fasilitas kepada mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan menulis, baik menulis teknis maupun menulis kreatif.

Narasumber dalam kuliah umum ini yaitu Sosiawan Leak (Sastrawan) dan Slamet Mulyono dari Penerbit CV Mediatama Surakarta. Ketua Panitia Drs Wagiran MHum menyampaikan bahwa acara kuliah umum ini diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam tulis menulis dan sebagai upaya penyemaian budaya literasi.

Narasumber pertama, Slamet Mulyono menyampaikan bahwa literasi merupakan kemampuan menulis dan membaca, jika dipadukan dengan tema yang diusung yaitu budaya literasi, maka literasi akan menjadi kebiasaan yang baik untuk mahasiswa dalam menempuh studinya dan menghasilkan karya yang bermanfaat bagi orang banyak.

Kemudian narasumber kedua, Sosiawan Leak menyampaiakan harapannya kepada mahasiswa ketika sedang menulis jangan mengharapkan tulisannya akan dimuat atau dibukukan yang kemudian akan mendapatkan royaltiatau honor, tapi fokuslah terhadap apa yang ditulis dan tentunya memperhatikan kebermanfaatan serta bobot tulisan. Leak juga menyampaikan bahwa modal menulis yang harus dimiliki mahasiswa yaitu kata, gagasan, dan kaidah penulisan.

Leave a Comment

Blue Captcha Image
Refresh

*