Swadaya Taman Baca merupakan perpustakaan yang digagas oleh Ken Kausar Amar Abdurrohman atau yang akrab dipanggil Ken (21) mahasiswa semester 7 Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (BSI). Perpustakaan yang berlokasi di gazebo B1 Fakultas Bahasa dan Seni ini dibuka setiap hari Kamis dan sudah dimulai sekitar awal Maret lalu. Pada awalnya, Swadaya Taman Baca ia kelola sendiri, namun seiring berjalannya waktu teman-temannya mulai tertarik untuk membantu mengelola perpustakaan tersebut.

Ken menjelaskan bahwa tujuan dari dibukanya perpustakaan Swadaya Taman Baca adalah untuk menyediakan ruang membaca, berkumpul, dan saling bertukar gagasan. Selain itu, perpustakaan ini juga dijadikan sebagai wadah bagi mahasiswa secara umum untuk mengembangkan kreativitasnya.

Perpustakaan yang dibuka dengan modal buku yang ia peroleh dari teman-temannya tersebut juga memberikan kesemapatan bagi mahasiswa lain untuk turut berpartisipasi dalam memberikan donasi buku. Bagi teman-teman mahasiswa yang ingin mendonasikan buku, dapat langsung datang dan ngobrol bersama di lokasi secara langsung.

Kegiatan yang Ken laksanakan tersebut, ternyata juga telah memberikan inspirasi bagi teman-teman mahasiswa dari fakultas lain untuk membuka ruang baca serupa di fakultas masing-masing.

“Semoga bisa dimanfaatkan secara positiflah dengan adanya kami disini. Yang pengen baca ya bisa mempunyai bahan bacaan yang lebih meriah, lebih banyak pilihan.” Tutur Ken saat ditanya mengenai harapan kedepannya untuk Perpustakaan Swadaya Taman Baca. (Ponco, Diah, Shavika)

Leave a Comment

Blue Captcha Image
Refresh

*