Afiliasi Pengajaran dan Pegiat BIPA (APPBIPA) Jawa Tengah bekerjasama dengan Universitas Negeri Semarang serta Balai Bahasa Jawa Tengah menyelenggarakan SEMAR BIPA 1 (Seminar Kepakaran BIPA 1) pada Sabtu (15/10) di Laboratorium Budaya dan Pusat Eduwisata (Kampung Budaya), Unnes.

SEMAR BIPA 1 merupakan rangkaian dari program kegiatan APPBIPA Jawa Tengah tahun 2016 yang mengangkat tema BIPA dan Pengajaran, BIPA dan Budaya Indonesia, serta BIPA dan Perkembangan (MEA). Kegiatan yang diagendakan mulai pukul 08.30 WIB dan berakhir pukul 15.40 WIB tersebut dihadiri oleh 55 pemakalah serta 67 peserta.

Kegiatan tersebut menghadirkan empat pembicara yang merupakan pengurus dari APPBIPA di tiap daerah yang berbeda, yaitu Dr Vismaia S. Damaianti MPd (Ketua Divisi Penelitian dan Pengembangan APPBIPA Jawa Barat), Dr Totok Suhardiyanto MHum PhD (Ketua APPBIPA Jakarta), Dr Drs Arif Budi Wurianto MSi (Ketua APPBIPA Jawa Timur), serta Yusro Edy Nugroho SS M Hum (Ketua APPBIPA Jawa Tengah).

“Seminar kepakaran ini diharapkan mampu menghimpun pemikiran-pemikiran pengajar, calon pengajar, maupun pegiat BIPA dalam satu wadah kebersamaan dan saling berbagi untuk kemajuan BIPA di Indonesia maupun secara internasional.” Ujar Wati Istanti selaku ketua panitia.

Meskipun tidak sempat memberikan keynote speaker seperti yang dijadwalkan, Rektor Universitas Negeri Semarang, Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyempatkan hadir saat RATABIPA (Rapat Tahunan APPBIPA) 2016. (Dwi Y, Ponco, Shavika)

Leave a Comment

Blue Captcha Image
Refresh

*