Dosen Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang (FBS UNNES) Drs Syakir MSn meraih Doktor, Jumat (17/2) di Pascasarjana UNNES.

Syakir dibawah bimbingan promotor Prof Dr Tjetjep Rohendi Rohidi MA, kopromotor Prof Dr Totok Sumaryanto MPd, dan anggota promotor Prof Dr Mudjahirin Thohir MA, ia berhasil mempertahankan disertasinya berjudul Konstruksi Identitas dalam Arena Produksi Kultural Seni Perbatikan Semarang.

Potensi seni batik Semarang sebagai medium penegas identitas telah menempuh sejarah yang panjang. Di balik itu, batik Semarang juga pernah tenggelam akibat pergolakan pada jaman kolonial.

Hal ini berimplikasi pada eksistensi perbatikan Semarang matisuri selama puluhan tahun. Kebangkitannya kembali dalam kurun waktu 10 tahun ini merupakan fenomena yang menarik sebagai bentuk konstruksi identitas.

Untuk memahami dan menjelaskan bentuk konstruksi identitas itu, perlu dilakukan kajian berbagai aspek yang tercakup dalam eksistensi dan ekspresi dalam arena produksi kultural pada seni perbatikan Semarang.

(sumber: unnes.ac.id)

Leave a Comment

Blue Captcha Image
Refresh

*