Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Semarang menandatangani kerja sama dengan Leiden University dan Utrecht University, dua perguruan tinggi terkemuka di Belanda, Jumat (3/3).

Penandatangan dilakukan Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Dr Haryadi MPd, Wikker Jansen dari Leiden Universtity, dan RW Timmermans dari Utrecht University.

Kerja sama antaruniversitas itu ditekankan pada bidang pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA).

Sebagai negara dengan hubungan sejarah yang panjang, masyarakat Indonesia dan Belanda memiliki kedekatan. Kedekatan itulah yang membuat bahasa Indonesia menjadi salah satu bahasa yang diminati di Negeri Kincir Angin itu.

Ketua Program Studi Sastra Indonesia Uum Qomariyah SPd MHum menyebutkan, bahasa Indonesia menjadi salah satu dari 10 bahasa terpopuler di dunia. Peminat bahasa Indonesia semakin bertambah dari waktu ke waktu. Jurusan Bahasa Indonesia juga telah dibuka di sejumlah negara.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Akademik FBS Prof Dr M Jazuli berharap, kerja sama dalam penyelangaraan BIPA dapat memicu terjalinnya relasi keilmuan warga lintas negara. Ia mendorong mahasiswa agar membangun relasi keilmuan seluas-luasnya.

(sumber: indonesia.unnes.ac.id)

Leave a Comment

Blue Captcha Image
Refresh

*