Departemen Bakat dan Seni, Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia mengadakan Malam Puncak Indonesia Berkarya (IB) dengan tema Beraksi dengan Karya Menuju Prestasi (21/04), bertempat di Gedung B1 106. Malam Pucak IB adalah malam penutupan acara Indonesia Berkarya yang telah dilaksanakan sejak 27 Maret.

Malam Puncak IB dimeriahkan dengan pemberian penghargaan kepada juara lomba baca puisi, tulis cerpen, piala BSI, serta pemilihan putra dan putri jurusan. Putra dan Putri Jurusan merupakan salah satu bagian terbaru dari serangkaian acara IB.

IB merupakan program tahunan Hima BSI yang bertujuan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa Jurusan BSI dalam berkarya. Dulunya, acara ini bernama Indonesia Bahagia. Namun oleh kepengurusan HIMA periode 2017/2018, diganti menjadi Indonesia Berkarya.

Lomba tulis cerpen dimenangkan oleh Nailus Salsabila (Juara I) dan Umi Rahayu (Juara II). Lomba baca puisi oleh Siti Nur Hazizah (Juara I) dan Nana Isna Shofaun Nida (Juara II). Piala BSI Putri dimenangkan oleh Tim Chocolatos dari Prodi Sastra Indonesia konsentrasi Sastra 2015 (Juara I) dan Tim Dot Edu dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Rombel 3 2016 (Juara II). Piala BSI Putra oleh Tim Hiho (Angkatan 2014). Kemudian Putri Jurusan dimenangkan oleh Faoziah Arumi dan Putra Jurusan oleh Muhammad Ridho.

Ismi Dyah Utami (18) selaku ketua panitia berharap IB pada tahun selanjutnya bisa berlangsung lebih baik dari tahun ini dan lebih banyak lagi karya yang dihasilkan. Selain itu, ia berpesan kepada mahasiswa Jurusan BSI untuk lebih aktif dalam berpartisipasi dalam acara jurusan.

Sementara itu, pada bulan Mei nanti Hima BSI juga akan mengadakan Seminar Nasional Pendidikan bertemakan Peran Karya Sastra dalam Upaya Revitalisasi Pendidikan Karakter Bangsa. (zigzag/Ponco)

 

Leave a Comment

Blue Captcha Image
Refresh

*