Sebanyak 13 mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) akan berangkat untuk mengikuti Praktik Kerja Lapanga (PKL) di Malaysia. Di negara tetangga tersebut mereka membangun relasi global agar memiliki wawasan global pula.

Wakil Dekan Akademik ProfDr M Jazuli menyebutkan, PKL Internasional akan menjadi pengalaman yang berharga bagi mahasiswa. “Mereka bisa belajar budaya masyarakat setempat dan menimba pengalaman. Karena itulah, kami akan dorog dan fasilitasi agar lebih banyak mahasiswa yang mengikutinya,” katanya.

Peserta dijadwalkan menempuh PKL selama satu bulan, yaitu 29 Agustus hingga 30 September mendatang. Mereka akan difasilitasi oleh  Pusat Latihan Mengajar dan Industri Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia, salah satu mitra Unnes.

Agar semakin banyak mahasiswa yang berpartisipasi, lanjut Prof Jazuli, pihaknya akan meningkatkan sosialisasi program ini. Selain itu, kerja sama dengan prodi harus semakin baik sehingga mahasiswa di masing-masing prodi mengetahui program ini.

Salah satu peserta, Tunasih dari Sastra Indonesia, mengungkapkan ada berbagai kemudahan yang disediakan fakultas sehingga ia bisa fokus pada proses belajar. “Dari pihak fakultas telah membantu biaya sehingga tidak terlalu memberatkan. Seperti biaya administrasi, transportasi. Living cost juga disediakan oleh pihak UPSI sehingga sebagian biaya telah terpotong,” katanya.

Peserta lain, Kurnia Sandi Permana, berharap program PKL Internasional yang diikutinya besok bisa meberinya oleh-oleh yang berharga, berupapengetahuan dan pengalaman.

Sebagai informasi,ketiga belas mahasiswa tersebut adalah Kurnia Sandi Permana, Alkhan Afdian, Ilham Afif Maulana, Tunasih Eka Putri, Regina Ayu Herthalia (Sastra Indonesia), Kartika Peni, Febrian Ramadhani Setiaji, Julia Irawan Putrri, Rohmatul Umma, Adinda Kusuma Wardani (Sastra Inggris), Cindya Verent Agnesia (Sastra Perancis), Yusan Prasetyo, dan Putri Febrianti (Sastra Jawa). Adni, Zulfia

Leave a Comment

Blue Captcha Image
Refresh

*