Sabtu, (5/8) Pusat Kajian Bahasa dan Budaya Surakarta bekerja sama dengan Institut Agama Islam Negeri  Surakarta dan Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris se-Indonesia menyelenggarakan First International Conference On English Language, Linguistics, and Literature  (ICELLL 2017). Konferensi bertajuk Digital Literacy As Means of Publication tersebut diikuti oleh 27 tim dari seluruh Indonesia yang sebelumnya telah menyerahkan esai dan lolos penilaian.

Perwakilan Fakultas Bahasa dan Seni, Moechamad Faisal Pratama Putra (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) selaku penanggung jawab proposal, Samsul Ulum (Sastra Perancis), Crystal Tanjaya Kusuma Dewi (Sastra Inggris), dan Khusnul Khotimah (Sastra Inggris) berhasil menjadi International Presnter termuda dalam konferensi berskala internasional tersebut.

Dengan dengan menggunakan analisis figurative language(gaya bahasa) dan formulaic literature (sastra formula), Faisal Cs melakukan analisis dalam puisi A Dream Within A Dream karya Edgar Allan. Analisis tersebut diramu dalam esai berjudul “Darkness In Edgar Allan Poe’s A Dream Within A Dream”.

Uniknya sebelum diskusi dimulai, terdapat salah satu dosen yang sangatlah tertarik dengan tim termuda tersebut dan meminta foto mereka untuk dijadikan motivasi bagi mahasiswanya agar berani untuk menulis dan meluapkan ide ataupun gagasan mlalui tulisan.

Selain presentasi dari pemakalah, konferensi tersebut juga menghadirkan pakar bahasa dan sastra sebagai pemateri.Salah satu pemateri, Brandon Castrejon (Ph.D candidate of Shantou University, China) menyampaikan tips dan trik untuk mendapatkan skor IELS tinggi agar bisadigunakan untuk melamar beasiswa kuliah diluar negeri ataupun bekerja diluar negeri.

Leave a Comment

Blue Captcha Image
Refresh

*