Dosen Jurusan Seni Rupa Universitas Negeri Semarang (UNNES) Eko Sugiarto SPd MPd berhasil menyelesaikan pendidikan doktor pada usia 29 tahun 2 bulan. Dengan usia itu, Eko merupakan salah satu doktor termuda yang pernah diluluskan Universitas Negeri Semarang.

Dalam sidang terbuka di Kampus Pascarjana, Senin (12/2), Eko memaparkan disertasi berjudul “Representasi Pendidikan Seni Kolaboratif Sekolah-Masyarakat dalam Pewarisan Kriya Anyaman Desa Jepang Kabupaten Kudus”.

Para penguji mengapresiasi penelitian Eko dengan predikat “sangat memuaskan”. Secara akumulatif, Eko juga meraih indeks prestasi komulatif (IPK)sempurna, yaitu 4.

Promotornya, Prof Tjetjep Rohendi Rohidi MA memuji Eko sebagai pribadi yang ulet. Menurut profesor antropologi seni ini, Eko tidak hanya memiliki keunggulan akademik tetapi juga karakter.

Melalui penelitiannya Eko mengungkap model pendidikan kriya di lingkungan masyarakat Desa Jepang, Kabupaten Kudus. Kelestarian kriye anyaman di daerah tersebut ditopang oleh pendidikan informal di lingkup sekolah dan masyarakat.

Pola pewarisannya menggunakan metode melihat (menyaksikan), meniru dengan bimbingan orang tua, berkarya mandiri, dan pengulangan karya.

 

sumber: unnes.ac.id

Leave a Comment

Blue Captcha Image
Refresh

*