Besok, FBS UNNES Gelar Webinar Bahas Bahasa dan Seni Pascapandemi

Posted By : adminfbs

Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang akan menyelenggarakan Webinar Kebudayaan “Fenomena dan Tantangan Bahasa dan Seni Pascapandemi”, Kamis (6 Agustus 2020), mulai pukul 08.30.

Webinar melalui aplikasi Zoom itu akan menghadirkan pembicara Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Hilmar Farid PhD dan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud Prof Endang Aminudin Aziz PhD.

Rektor UNNES Prof Fathur Rokhman MHum akan menjadi pembicara kunci dalam webinar tersebut. Webinar akan dimoderatori oleh Pelaksana Tugas Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Dr Hendi Pratama.

Dekan FBS UNNES Dr Sri Rejeki Urip menuturkan, wabah Covid-19 dan pembatasan sosial yang berlangsung lima bulan ini sudah mengubah banyak hal. Bahasa dan seni yang menjadi ruang komunikasi dan ekspresi bagi manusia disebut-sebut mesti segera mencari format baru karena juga terdampak pandemi.

“Berapa lama wabah ini akan terjadi? Tidak ada yang tahu pasti. Kebijakan pembatasan sosial telah mengubah semua tatanan mapan yang menempatkan manusia pada zona nyaman. Bahasa dan seni yang selama ini diandalkan menjadi pilar budaya komunal menghadapi tantangan tersendiri ketika harus berhadapan dengan kebijakan pembatasan sosial tersebut,” ujarnya.

Untuk itu, webinar ini akan membahas fenomena baru dalam bahasa dan seni saat ini serta masa mendatang serta pengaruhnya terhadap kebudayaan.

“Bagaimanakah seharusnya bahasa dan seni ditempatkan pada era pandemi dan pascapandemi? Tantangan apa saja yang dihadapi Bahasa dan Seni pada era pasca pandemi dan bagaimana menyikapi tantangan ini? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, kami menyelenggarakan webinar ini,” katanya.(*)

Leave A Comment