Gelar Workshop, FBS UNNES Berupaya Tingkatkan Publikasi Ilmiah Dosen

Publikasi karya ilmiah merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan integritas akademik. Sebagai salah satu implementasi dalam fungsi tri dharma perguruan tinggi, dosen dituntut dapat meningkatkan kapasitas intelektualnya melalui penelitian dan publikasi karya ilmiah.

Oleh karena itu, sebagai upaya untuk meningkatkan minat dosen dalam bidang karya ilmiah ini, FBS menyelenggarakan workshopbertajuk Current Trend in Linguistic Researchs Methodology for Lecturer. Workshopyang diselenggarakan Kamis, 27 Juni 2019 di Dekanat Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang ini mengundang foreign speakerDr. Howard Manns yang merupakan dosen linguistik di School of Languages, Literatures, Cultures, and Lingustics, Monash University, Australia.

Dalam workshopyang diikuti oleh puluhan dosen FBS UNNES ini, Dr. Howard memaparkan hasil penelitian linguistik yang ia lakukan di Indonesia. Ia meneliti mengenai interaksi sikap, gaya, dan identitas di antara kaum muda dan di media massa di Pulau Jawa. Penelitian ini berfokus pada proses percampuran bahasa yang terjadi dengan menggunakan media transkrip percakapan.

Selain itu, ia juga memaparkan mengenai berbagai macam metode yang dapat digunakan dalam penelitian linguistik. Disajikan pula berbagai aplikasi yang dapat digunakan dalam penelitian linguistik. Satu hal yang ditekankan kepada peserta workshop, bahwa linguistik memiliki cakupan yang sangat luas dan terus berkembang seiring zaman. Sehingga ada banyak hal yang bisa terus diteliti dan dikembangkan untuk menjadi objek penelitian bagi para dosen.

Wakil Dekan I Bidang Akademik FBS UNNES, Dr. Hendi Pratama mengatakan, diharapkan workshop ini dapat menambah wawasan dosen mengenai penelitian khususnya di bidang kebahasaan. Selain itu, diharapkan dapat memotivasi para dosen untuk berkarya melalui penelitian karya ilmiah dan mengembangkan publikasinya secara global. (Ashanti Dayani A/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *