SENI RUPA

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA S1

 Izin, Akreditasi, Gelar

Izin                  :  6429/D/T/K-N/2011

Akreditasi      :  A- (Amat Baik)

SK-BAN-PT nomer 0351/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2016

Gelar              :  Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

 

Deskripsi

Program Studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni Rupa FBS UNNES diresmikan sejak tanggal 27 Desember 1960 melalui SK Sekretaris Jendral Departemen Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan nomor 108487/S. melalui visi dan misi dikembangkan program untuk menghasilkan lulusan sarjana berkompetensi utama sebagai Guru Pendidikan Seni Rupa di berbagai jenjang pendidikan dengan kompetensi pendukung praktisi di bidang pengembangan seni rupa, menawarkan sejumlah mata kuliah pokok dan pilihan minimal 144 SKS dan maksimal 160 SKS.

 

Visi, Misi, Tujuan

 

VISI

Program Studi Pendidikan Seni Rupa FBS Unnes sebagai program studi berwawasan  konservasi dan bereputasi internasional untuk menghasilkan tenaga kependidikan yang berkompetensi di bidang seni rupa pada jenjang pendidikan dasar dan menengah

 

MISI

Pendidikan Seni Rupa FBS Unnes menyelenggarakan pendidikan akademik tenaga kependidikan kesenirupaan dalam rangka melestarikan,  mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi kesenirupaan melalui kegiatan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

 

TUJUAN

Program Studi Pendidikan Seni Rupa FBS Unnes bertujuan:

  1. Menghasilkan lulusan yang:
    1. memiliki kepribadian yang bersumber pada nilai-nilai religius budaya bangsa,
    2. memiliki pengetahuan tentang estetika seni rupa yang meliputi sejarah dan teori-teori seni rupa
    3. memiliki kemampuan berapresiasi dan berkreasi berbagai cabang seni rupa,
    4. memiliki kemampuan dan keterampilan dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran pendidikan seni rupa pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
  2. Menghasilkan penelitian dalam bidang seni dan pendidikan seni rupa yang bermanfaat bagi pelestarian dan pengembangan keilmuan
  3. Menghasilkan produk atau model pengabdian kepada masyarakat dalam bidang seni dan pendidikan seni rupa yang bermanfaat bagi kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat.
  4. Memperkuat jejaring kerja sama pada skala nasional maupun internasional dalam rangka pengembangan pendidikan seni rupa.

 

Capaian Pembelajaran Lulusan  Program Studi Pendidikan Seni Rupa S1

Aspek Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada Negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

Aspek Pengetahuan

  1. Menguasai konsep dan teori pendidikan secara umum serta konsep dan teori pendidikan seni rupa untuk kepentingan pembelajaran pada satuan pendidikan dasar dan menengah atau yang setara.
  2. Menguasai konsep, gagasan, dan pemikiran tentang berbagai model atau bentuk perencanaan, pengelolaan, dan evaluasi pembelajaran seni rupa untuk kepentingan pembelajaran pada satuan pendidikan dasar dan menengah atau yang setara.
  3. Menguasai konsep, gagasan, dan pemikiran tentang pemanfaatan sumber dan media pembelajaran untuk kepentingan pembelajaran seni rupa pada satuan pendidikan dasar dan menengah atau yang setara.
  4. Menguasai konsep dan prinsip pemecahan masalah pendidikan seni rupa berbasis penelitian dan mengkomunikasikannya untuk kepentingan pembelajaran pada satuan pendidikan dasar dan menengah atau yang setara.
  5. Menguasai konsep, prinsip, kesejarahan serta apresiasi dan kritik dalam bidang seni rupa sebagai modal pengembangan profesi sebagai guru maupun praktisi di bidang seni rupa

 

Aspek Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atauimplementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam lamanperguruan tinggi; menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

 

Aspek  Keterampilan Khusus

  1. Mampu menyelenggarakan pembelajaran seni rupa mencakupi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran yang mendidik pada satuan pendidikan dasar dan menengah atau yang setara
  2. Mampu mengembangkan bahan ajar apresiasi maupun kreasi seni rupa pada satuan pendidikan dasar dan menengah atau yang setara.
  3. Mampu berkreasi seni rupa yang mencakupi bidang seni gambar, lukis, patung, grafis, kriya dan desain sebagai modal pengembangan profesi sebagai guru maupun praktisi di bidang seni rupa
  4. Mampu menulis secara kritis dalam bidang seni rupa maupun pendidikan seni rupa berdasarkan penelitian atau sumber lainnya.

 

PELUANG KERJA

  1. Guru SD, MI, SMP, MTS, SMA, SMK, MA
  2. Tenaga Kependidikan Seni Budaya
  3. Profesi sebagai pelukis, pematung, ilustrator, desainer, fotografer, penulis, kurator, wirausaha.

 

Sebaran Mata Kuliah                        

NO. KD. MK. NAMA MATA KULIAH SKS SMT P/T W/P MK. PRASYARAT
1   Pendidikan Pancasila   1 T/P W  
2   Pendidikan Konservasi   1 T/P W  
3   Pengantar Ilmu Pendidikan   1 T/P W  
4   Sejarah Seni Rupa Indonesia Pramodern   1 T/P W  
5   Pengantar Seni Rupa   1 T/P W  
6   Nirmana Dwimatra   1 T/P W  
7   Gambar Teknik   1 T/P W  
8   Bagan Perspektif   1 T/P W  
9   Sketsa   1 T W  
10   Kriya Dasar   1 T W  
11   Ornamen Nusantara   1 T/P W  
12   Pendidikan Agama   2 T/P W  
13   Bahasa Inggris   2 T/P W  
14   Sejarah Sen Rupa Indonesia Modern   2 T/P W  
15   Nirmana Trimatra   2 T/P W  
16   Gambar Alam Benda   2 T/P W  
17   Lukis Dasar   2 T W  
18   Patung Dasar   2 T W  
19   Grafis Dasar   2 T W  
20   Keramik Dasar   2 T W  
21   Desain Ornamen   2 T W  
22   Tipografi dan Piktografi   2 T W  
23   Pengantar Ilmu Budaya   3 T W  
24   Psikologi Pendidikan   3 T W  
25   Kurikulum dan Buku Teks Pendidikan Seni Rupa   3 T/P W  
26   Sejarah Seni Rupa Mancanegara 2 3 T/P W  
27   Estetika Timur 2 3 T/P W  
28   Metode Penciptaan 2 3 T/P W  
29   Gambar Manusia 2 3 T/P W  
30   Lukis Lanjut 2 3 T/P W  
31   Patung Lanjut 2 3 T/P W  
32   Grafis Lanjut 2 3 T/P W  
33   Keramik Lanjut 2 3 T/P W  
34   Bahasa Indonesia 2 4 T W  
35   Manajemen Sekolah 2 4 T W  
36   Bimbingan Konseling 2 4 T/P W  
37   Konsep Pembelajaran Seni Rupa 2 4 T/P W  
38   Model Pembelajaran Seni Rupa 2 4 T/P W  
39   Tinjauan Seni Rupa 2 4 T/P W  
40   Estetika Barat 2 4 T/P W  
41   Gambar Binatang 2 4 T/P W  
42   Ilustrasi Ceritera 2 4 T W  
43   Ukir Dasar 2 4 T W  
45   Grafis Komputer Olah Vektor 2 4 T W  
44   Pendidikan   Kewarganegaraan 2 5 T/P W  
45   Pengembangan  Media dan Sumber Pembelajaran Seni Rupa 2 5 T/P W  
46   Apresiasi dan Kritik Seni Rupa 2 5 T/P W  
47   Metode Penelitian 2 5 T/P W  
48   Penulisan Ilmiah Seni Rupa 2 5 T/P W  
49   Kajian Seni Rupa Anak 2 5 T/P W  
50   Ilustrasi Kreatif 2 5 T/P W  
51   Ukir Lanjut 2 5 T/P W  
52   Batik Dasar 2 5 T/P W  
53   Grafis Komputer Olah Bitmap 2 5 T W  
54   Pameran Seni Rupa 2 5 T/P P  
55   Kewirausahaan 2 6 T/P P  
56   Evaluasi Pembelajaran Seni Rupa 2 6 T/P W  
57   Perencanaan dan Pengembangan Bahan Ajar 2 6 T/P W  
58   Simulasi Pembelajaran Seni Rupa 2 6 T W  
59   Penelitian Seni Rupa 2 6 T W  
60   Seminar Seni Rupa 2 6 T/P W  
61   Batik Lanjut 2 6 T/P W  
62   Kolase dan Mosaik 2 6 T/P P  
63   Mural 2 6 T/P P  
64   Gambar Imajinatif 2 6 T/P P  
65   Gambar Wayang 2 6 T/P P  
66   Desain Poster 2 6 T/P W  
67   Kuliah Kerja Nyata   7 P W  
68   PLP   7 P W  
69   Skripsi   7 L W  
70   Gambar Komik 2 8 T W  
71   Gambar Potret 2 8 T/P P  
72   Ilustrasi Buku 2 8 T/P P  
73   Keramik Seni 2 8 T/P P  
74   Relief 2 8 T/P P  
75   Seni Hias Kaca 2 8 T/P P  
76   Grafis Pengembangan 2 8 T/P P  
77   Desain Produk Cinderamata 2 8 T/P P  
78   Seni Rupa Alternatif 2 8 T/P P  
79   Kajian Seni Rupa Nusantara 2 8 T/P P  
80   Manajemen Pendidikan Seni 2 8 T/P P  

 

 

PROGRAM STUDI SENI RUPA S1

 

Izin, Akreditasi, Gelar

Izin             : 2482/D/T/K-N/2010

Akreditasi      : B – Baik

                          0299/BAN-PT/Akred/S/IV/2016

Gelar          : Sarjana Seni (S.Sn.)

 

Deskripsi

Program Studi Seni Rupa S1 FBS UNNES diselenggarakan berdasarkan SK Dirjen Dikti dengan nomor 2112/D/T/2004 mengembangkan program untuk menghasilkan lulusan S1 di bidang seni rupa, dengan konsentrasi seni gambar, seni lukis, seni patung, seni grafis, kria keramik, kria ukir, dan desain komunikasi visual; menawarkan mata kuliah pokok dan pilihan minimal 144 SKS dan maksimal 160 SKS.

 

Visi, Misi, Tujuan

Visi

Program Studi Seni Rupa FBS Unnes sebagai program studi berwawasan konservasi dan bereputasi internasional  untuk menghasilkan tenaga  yang berkompetensi dan   kreatiif di bidang kesenirupaan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

 

Misi

Program Studi Seni Rupa FBS Unnes menyelenggarakan pendidikan akademik dalam rangka melestarikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan keilmuan, keterampilan dan kreativitas kesenirupaan sesuai kebutuhan masyarakat  melalui kegiatan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

 

Tujuan

Program Studi Seni Rupa FBS Unnes:

1) Menghasilkan lulusan yang:

  1. memiliki kepribadian yang bersumber pada nilai-nilai religius budaya bangsa;
  2. memiliki pengetahuan tentang estetika seni rupa yang meliputi sejarah dan teori-teori seni rupa;
  3. memiliki kemampuan berapresiasi dan berkreasi seni rupa;
  4. memiliki keterampilan dan sikap kreatif sebagai praktisi sesuai peminatan di bidang seni rupa.
    • Menghasilkan penelitian dalam bidang seni rupa dan desain, yang bermanfaat bagi pelestarian dan pengembangan keilmuan
    • Menghasilkan produk atau model pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat.
    • Memperkuat jejaring kerjasama pada skala nasional maupun internasional dalam rangka pengembangan seni rupa dan desain

 

Capaian Pembelajaran (CP) Lulusan

CP Sikap:

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. menginternalisasi sikap apresiatif dan peduli dalam pelestarian lingkungan hidup, seni, dan nilai-nilai sosial budaya yang berkembang di masyarakat.

 

CP Pengetahuan:

  1. Menguasai konsep teoritis kesenirupaan dan desain komunikasi visual secara mendalam, serta mampu memformulasikan untuk penyelesaian masalah kesenirupaan dan desain komunikasi visual.
  2. Menguasai konsep teoritis, sejarah, dan metodologi penciptaan seni rupa dan desain komunikasi visual, secara cerdas sebagai landasan dalam proses berkarya seni rupa dan desain komunikasi visual.
  3. Mampu memilah dan memilih media yang sesuai untuk pengembangan  profesionalisme dalam berkarya seni rupa dan desain  komunikasi .
  4. Menguasai metodologi penelitian seni rupa.
  5. Menguasai media dan prosedur berkarya seni rupa dan desain komunikasi visual sebagai bekal dalam melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat .
  6. Menguasai konsep teoritis, prinsip, dan kiat-kiat berwirausaha seni rupa.

 

CP Keterampilan Umum

Lulusan Program Sarjana wajib memiliki keterampilan umum sebagai berikut:

  1. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasiterhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
  8. Memiliki ketrampilan berkarya seni rupa dan desai komunikasi visual yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat

 

CP Keterampilan Khusus

  1. Mampu berkreasi seni rupa dasar yang mencakup seni gambar, lukis,  patung, grafis,  kriya , dan desain komunikasi visual.
  2. Mampu berkreasi seni rupa secara profesional dengan konsentrasi seni Gambar.
  3. Mampu berkreasi seni rupa secara profesional dengan konsentrasi seni Lukis.
  4. Mampu berkreasi seni rupa secara profesional dengan konsentrasi seni Desain Komunikasi   Visual .
  5. Mampu menulis kritik seni rupa sesuai dengan permintaan bidang seni rupa yang dibutuhkan publik seni rupa.
  6. Mampu Menghasilkan penelitian dalam bidang seni rupa dan desain, yang bermanfaat bagi pelestarian dan pengembangan keilmuan.
  7. Mampu Menghasilkan produk atau model pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat.
  8. Mampu mengelola aktivitas kesenirupaan (seminar, workshop, pameran, dll.).
  9. Mampu membangun jejaring kerjasama pada skala nasional maupun internasional   dalam rangka pengembangan seni rupa dan desain.
  10. Memiliki ketrampilan dalam berwirausaha seni rupa

Peluang Kerja

  1. Tenaga profesional dalam seni rupa: seniman, animator, ilustrator, visualizer.
  2. Penata artistik.
  3. Desainer: grafis, media pembelajaran.
  4. Peneliti, penulis, kritikus, kurator dalam seni rupa.
  5. Tenaga pendidik seni rupa

 

SEBARAN MATA KULIAH

NO KODE MATA KULIAH SKS SMT WAJIB/PILIHAN
1 15J00217 Bagan Perspektif 2 1 W
2 15J00225 Fotografi Dasar 2 1 W
3 15J00230 Gambar Teknik 2 1 W
4 15J00232 Grafis Dasar 2 1 W
5 15J00241 Lukis Dasar 2 1 W
6 15J00245 Nirmana Dwimatra 2 1 W
7 15J00251 Pengantar Seni Rupa 2 1 W
8 15J00254 Sejarah SR Indonesia Pramodern 2 1 W
9 15J00259 Sketsa 2 1 W
10 15U00012 Pendidikan Konservasi 2 1 W
  KONS. DKV MK  WAJIB  SMT 1 ADALAH 10 MK  =  20 SKS      
  KONS. LKS MK  WAJIB  SMT 1 ADALAH 10 MK  =  20 SKS      
  KONS. GBR MK  WAJIB  SMT 1 ADALAH 10 MK  =  20 SKS      
1 15J00227 Gambar Alam Benda 2 2 W
2 15J00235 Ilustrasi Dasar 2 2 W
3 15J00246 Nirmana Trimatra 2 2 W
4 15J00255 Sejarah Seni Rupa Mancanegara 2 2 W
5 15J00221 (KONS.DKV) Desain Piktografi 2 2 W
6 15J00262 (KONS.DKV) Tipografi 2 2 W
7 15J03304 (KONS.DKV) Reprografis 2 2 W
8 15P03467 (KONS.DKV) Fotografi Desain 2 2 W
9 15P03469 (KONS.LKS/K.GBR) Fotografi Seni 2 2 W
10 15P03496 (KONS.LKS/K.GBR) Sketsa  Pengembangan 3 2 W
11 15P03484 (KONS.LKS) Lukis Cat Air 3 2 W
12 15P04572 (KONS.GBR) Ilustrasi Teks 3 2 W
13 15U00001 Pendidikan Agama Islam 2 2 W
  15U00002 Pendidikan  Agama Katholik 2 2 W
  15U00003 Pendidikan  Agama Kristen 2 2 W
  15U00004 Pendidikan Agama Hindu 2 2 W
  15U00005 Pendidikan Agama Budha 2 2 W
  15U00006 Pendidikan Agama Konghuchu 2 2 W
14 15U00008 Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 W
  KONS. DKV MK  WAJIB SMT 2 ADALAH 10 MK  =  20 SKS      
  KONS. LKS MK  WAJIB SMT 2 ADALAH 9 MK  =  20 SKS      
  KONS. GBR MK  WAJIB SMT 2 ADALAH 9 MK  =  20 SKS      
1 15J00229 Gambar Manusia 2 3 W
2 15J00234 Grafis Komputer Olah Vektor 2 3 W
3 15J00239 Kriya Dasar 2 3 W
4 15J00249 Patung Dasar 2 3 W
5 15J00261 Tinjauan Seni Rupa 2 3 W
6 15J03305 Sejarah Seni Rupa Indonesia Modern 2 3 W
7 15P04573 (KONS.DKV,KONS.GBR,KONS.LKS)

Metodologi Penciptaan

2 3 W
8 15J00260 (KONS.DKV) Tata Letak dan Perwajahan 2 3 W
9 15P03490 (KONS.LKS) Lukis Rekatan 2 3 W
10 15P03478 (KONS.GBR) Ilustrasi Komik 2 3 W
11 15U00007 Pendidikan Pancasila 2 3 W
12 15U00009 Bahasa Indonesia 2 3 W
  KONS. DKV MK  WAJIB SMT 3 ADALAH 10 MK  =  20 SKS      
  KONS. LKS MK  WAJIB SMT 3 ADALAH 10 MK  =  20 SKS      
  KONS. GBR MK  WAJIB SMT 3 ADALAH 10  MK  =  20 SKS      
1 15J00224 Estetika 2 4 W
2 15J00228 Gambar Binatang 2 4 W
3 15J00233 Grafis Komputer Olah Bitmap 2 4 W
4 15J00243 Metode  Penelitian 2 4 W
5 15P03463 (KONS.DKV)Desain Identitas Visual 3 4 W
6 15P03479 (KONS.DKV)Ilustrasi Teks 2 4 W
7 15P03492 (KONS.DKV)Presentasi Multi Media 3 4 W
8 15P03483 (KONS.LKS)Lukis Batik dan Kaca 4 4 W
9 15P03485 (KONS.LKS)Lukis Cat Minyak 4 4 W
10 15P03474 (KONS.GBR)Gambar Imajinatif 4 4 W
11 15P03477 (KONS.GBR)Gambar Potret 4 4 W
12 15P03493 Psikologi Persepsi 2 4 W
13 15U00010 Bahasa Inggris 2 4 W
  KONS. DKV MK  WAJIB SMT 4 ADALAH 9 MK  =  20 SKS      
  KONS. LKS MK  WAJIB SMT 4 ADALAH 8 MK  =  20 SKS      
  KONS. GBR MK  WAJIB SMT 4 ADALAH 8 MK  =  20 SKS      
1 15F00029 Pengantar Ilmu Budaya 2 5 W
2 15J00216 Apresiasi dan Kritik Seni Rupa 2 5 W
3 15J00220 Desain Ornamen 2 5 W
4 15J00247 Ornamen Nusantara 2 5 W
5 15J00252 Penulisan Ilmiah Seni Rupa 2 5 W
6 15P03466 Estetika Terapan 2 5 W
7 15P03464 (KONS. DKV)Desain Kemasan 2 5 W
8 15P03465 (KONS. DKV)Desain Periklanan 2 5 W
9 15P03471 (KONS. GBR)Gambar Digital 4 5 W
10 15P03488 (KONS. LKS)Lukis Mixed Media 4 5 W
11 15P03491 Pengantar Ilmu Komunikasi 2 5 W
12 15U00011 Kewirausahaan 2 5 W
  KONS. DKV MK  WAJIB SMT 5 ADALAH 10  MK  =  20 SKS      
  KONS. LKS MK  WAJIB SMT 5 ADALAH  8 MK  =  20 SKS      
  KONS. GBR MK  WAJIB SMT 5 ADALAH  8 MK  =  20 SKS      
1 15J00248 Pameran Seni Rupa 2 6 W
2 15J00256 Seminar Seni Rupa 2 6 W
3 15J03301 Penelitian Seni Rupa dan Desain 2 6 W
4 15J00244 (KONS.DKV)Multimedia Interaktif 4 6 W
5 15J03289 (KONS.DKV)Kritik Desain 2 6 W
6 15P03498 (KONS.DKV)Videografi 4 6 W
7 15P03482 (KONS.LKS)Kritik Seni Rupa 2 6 W
8 15P03486 (KONS.LKS)Lukis Digital 4 6 W
9 15P03487 (KONS.LKS)Lukis Eksperimental 4 6 W
10 15P03472 (KONS.GBR)Gambar Digital Pengembangan 4 6 W
11 15P03473 (KONS.GBR)Gambar  Eksperimental 4 6 W
12 15P03481 (KONS.GBR)Kritik Seni Rupa 2 6 W
13 15J00218 Batik 2 6 P
14 15J00222 Desain Poster 2 6 P
15 15J00231 Gambar  Wayang 2 6 P
16 15J00236 Kajian Semiotika Visual 2 6 P
17 15J00237 Kajian Seni Rupa Nusantara 2 6 P
18 15P03468 Fotografi Desain Pengembangan 2 6 P
19 15P03470 Fotografi Seni Pengembangan 2 6 P
20 15P03475 Gambar Kartun dan Karikatur 2 6 P
21 15P03480 Kajian Desain Komunikasi  Visual 2 6 P
  KONS. DKV MK  WAJIB SMT 6 ADALAH  6 MK  =  16 SKS  MK  PILIHAN 9 MK=18 SKS
  KONS. LKS MK  WAJIB SMT 6 ADALAH  6 MK  =  16 SKS   MK PILIHAN 9 MK=18 SKS
  KONS. GBR MK  WAJIB SMT 6 ADALAH  6 MK  =  16 SKS   MK PILIHAN 9 MK=18 SKS
1 15U00019 Kuliah Kerja Nyata 4 7 W
2 15U00020 Praktik Kerja Lapangan 4 7 W
3 15U00021 Skripsi 6 7 W
  KONS. DKV MK  WAJIB SMT 7 ADALAH 3 MK  =  16 SKS      
  KONS. LKS MK  WAJIB SMT 7 ADALAH 3 MK  =  16 SKS      
  KONS. GBR MK  WAJIB SMT 7 ADALAH 3 MK  =  16 SKS      
1 15P03497 (KONS. DKV) Video Editing (K.DKV) 4 8 W
2 15P03489 (KONS. LKS) Lukis Pengembangan Gaya Pribadi 4 8 W
3 15P03476 (KONS. GBR) Gambar Pengembangan Gaya Pribadi 4 8 W
4 15J00223 Desain  Produk Cenderamata 2 8 P
5 15J00238 Kolase dan Mosaik 2 8 P
6 15J00240 Kuratorial Seni Rupa 2 8 P
7 15J00257 Seni Hias Kaca 2 8 P
8 15J00258 Seni Rupa Alternatif 2 8 P
9 15J03287 Kajian Seni Rupa Wayang 2 8 P
10 15P03462 Desain Grafis Website 2 8 P
11 15P03494 Seni Grafis 2 8 P
12 15P03495 Seni Patung 2 8 P
  KONS. DKV MK  WAJIB SMT 8 ADALAH  1 MK  =  4 SKS   MK PILIHAN 9 MK=18 SKS
  KONS. LKS MK  WAJIB SMT 8 ADALAH  1 MK  =  4 SKS   MK PILIHAN 9 MK=18 SKS
  KONS. GBR MK  WAJIB SMT 8 ADALAH  1 MK  = 4 SKS   MK PILIHAN 9 MK=18 SKS
     

 

 

PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL D3

 

Izin, Akreditasi, dan Gelar

Izin               : 11324/D/T/K-N/2011

Akreditasi      : A – (Amat Baik)

4968/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/XII/2017

Gelar            : Ahli Madia (A. Md.)

 

Deskripsi

Program Studi Desain Komunikasi Visual D3 telah mendapat izin penyelenggaraan Prodi dari Dikti sejak tahun 2004 dengan nomor 3006/D/T/2004. Cikal bakal prodi ini telah ada sejak 2001. Sejalan dengan visi misi maka prodi ini mengembangkan program untuk menghasilkan lulusan diploma/ahli madia di bidang desain komunikasi visual (DKV). Kompetensi utama sebagai tenaga/praktisi di bidang desain grafis dan multimedia. Prodi ini menawarkan mata kuliah pokok/wajib dan pilihan, minimal 110SKS dan maksimal 120SKS.

 

Visi, Misi, dan Tujuan

 

Visi

Program studi D3 Desain Komunikasi Visual sebagai program studi  yang unggul, berwawasan konservasi budaya, bermakna, antisipatif dalam bidang desain komunikasi visual.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang unggul dan berkualitas di bidang desain komunikasi visual.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian dasar dan terapan di bidang desain komunikasi visual yang berbasis kepedulian terhadap kearifan budaya lokal, bersifat antisipatif dan beretika serta menunjang proses pembelajaran.
  3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat di bidang desain komunikasi visual dalam rangka mewujudkan kepedulian terhadap kearifan budaya lokal.

 

Tujuan

Program Studi Desain Komunikasi Visual (D3) FBS UNNES Semarang bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki:

  1. Menghasilkan lulusan ahli madya yang terampil dan profesional di bidang desain komunikasi visual, mampu bersaing secara global, dan berakhlak mulia yang peduli terhadap pelestarian kearifan budaya lokal.
  2. Menghasilkan penelitian di bidang desain komunikasi visual yang menunjang proses pembelajaran dengan mengedepankan kejujuran ilmiah.
  3. Menyediakan layanan masyarakat di bidang desain komunikasi visual yang sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, mempunyai nilai manfaat, serta dapat menciptakan peningkatan ekonomi kreatif.
  4. Memperkuat jejaring dan kemitraan pada tingkat nasional, regional dan internasional untuk meningkatkan potensi keilmuan pengajar dan mahasiswa di bidang desain komunikasi visual.

 

Kompetensi Luslusan

Lulusan memiliki pengetahuan kemampuan berkreasi dan berapresiasi dalam bidang Desain Komunikasi Visual.

 

Standar Kompetensi

Prodi Desain Komunikasi Visual menyiapkan tenaga profesional dalam bidang desain grafis dan multimedia yang beriman dan berakhlak mulia, yang memiliki:

  1. Sikap berwawasan konservasi, profesional, tenggang rasa, kemampuan berkomunikasi dan mengapresiasi karya desain komunikasi visual dan multimedia.
  2. Kemampuan dan ketrampilan merancang karya desain komunikasi visual dan multimedia.
  3. Wawasan kebudayaan lokal maupun global yang terkait dengan desain komunikasi visual.
  4. Kemampuan dan ketrampilan risert-metodologis tentang desain komunikasi visual.
  5. Kemampuan dan ketrampilan mengorganisir pameran dan presentasi desain komunikasi visual.
  6. Kemampuan dan ketrampilan berwirausaha, berkolaborasi, dan bersaing dalam dunia kerja.

 

Peluang Kerja

  1. Desainer grafis (desainer logo, poster, brosur, baliho, spanduk, pamplet (pampflet), cover majalah, cover buku).
  2. Copy writer
  3. Lay outer media masa
  4. Perancang iklan tayang
  5. Perancang media pembelajaran multimedia
  6. Perancang company profile
  7. Perancang CD interaktif
  8. Desainer website
  9. Animator film (layar lebar, sinetron, film laga)
  10. Animator film kartun
  11. Editor video clip, film, video pembelajaran
  12. Ilustrator

 

Sebaran Mata Kuliah

NO. KD. MK. NAMA MATA KULIAH SKS SMT P/T W/P MK. PRASYARAT
1 15J00227 Gambar Alam Benda 2 1 T/P W  
2 15J00230 Gambar Teknik 2 1 T/P W  
3 15J00250 Pengantar Ilmu Komunikasi 2 1 T W  
4 15J00262 Tipografi 2 1 T/P W  
5 15P01329 Sejarah Seni  Rupa 2 1 T W  
6 15P01330 Psikologi Persepsi 2 1 T W  
7 15P01331 Media  Desain 2 1 T/P W  
8 15P01332 Nirmana  Dwi Matra 2 1 T/P W  
9 15U00007 Pendidikan Pancasila 2 1 T W  
10 15U00012 Pendidikan Konservasi 2 1 T W  
11 15J00221 Desain Piktografi 2 2 T/P W  
12 15J00225 Fotografi Dasar 2 2 T/P W  
13 15J00234 Grafis  Komputer Olah Vektor 2 2 T/P W  
14 15P01333 Reprografis Dasar 2 2 T/P W  
15 15P01334 Estetika 2 2 T W  
16 15P01335 Sejarah Desain 2 2 T W  
17 15P01336 Nirmana  Tri Matra 2 2 T/P W  
18 15P01337 Metode Desain 2 2 T W  
19 15U00001 Pendidikan Agama Islam 2 2 T W  
20 15U00002 Pendidikan Agama Katholik 2 2 T W  
21 15U00003 Pendidikan Agama Kristen 2 2 T W  
22 15U00004 Pendidikan Agama Hindu 2 2 T W  
23 15U00005 Pendidikan Agama Budha 2 2 T W  
24 15U00006 Pendidikan Agama Konghuchu 2 2 T W  
25 15U00008 Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 T W  
26 15J00233 Grafis  Komputer Olah Bitmap 2 3 T/P W  
27 15J00235 Ilustrasi Dasar 2 3 T/P W  
28 15J00260 Tata Letak dan  Perwajahan 2 3 T/P W  
29 15P01338 Reprografis Cetak Saring 2 3 T/P W Reprogra
30 15P01339 Gambar Figuratif 2 3 T/P W  
31 15P01340 Desain Identitas Visual 4 3 T/P W  
32 15P01341 Tinjauan  Desain 2 3 T W  
33 15U00010 Bahasa Inggris 2 3 T W  
34 15U00011 Kewirausahaan 2 3 T W  
35 15J00219 Desain Grafis  Website 2 4 T/P P  
36 15J00226 Fotografi Desain 2 4 T/P W Fotograf
37 15J00253 Presentasi Multimedia 3 4 T/P W  
38 15P01342 Desain Poster 3 4 T/P W  
39 15P01343 Reprografis Offset  dan  Digital 2 4 T/P W  
40 15P01344 Video Editing 2 4 T/P W  
41 15P01345 Desain Kemasan 4 4 T/P W  
42 15P01346 Ilustrasi Pengembangan 2 4 T/P W Ilustras
43 15P01347 Sablon 2 4 T/P P  
44 15P01348 Kartun dan  Karikatur 2 4 T/P P  
45 15P01349 Semiotika 2 4 T P  
46 15J00244 Multimedia Interaktif 4 5 T/P W  
47 15P01350 Desain Periklanan 4 5 T/P W  
48 15P01351 Pameran Desain 2 5 P W  
49 15P01352 Merchandising 3 5 T/P P  
50 15P01353 Desain Karakter 2 5 T/P P  
51 15P01354 Animas 3 5 T/P P  
52 15P01355 Videografi 3 5 T/P P  
53 15P01356 Fotografi Jurnalistik 3 5 T/P P  
54 15P01362 Animasi 3 5 T/P P  
55 15P01364 Fotografi Jurnalistik 3 5 T/P P  
56 15U00009 Bahasa Indonesia 2 5 T W  
57 15U00020 Praktik Kerja Lapangan 4 6 L W  
58 15U00022 Tugas Akhir 4 6 T W  

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *