Pendidikan Bahasa Prancis (S1)

Akreditasi

A berdasarkan SK BAN-PT 3680/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2017.

Gelar Lulusan

Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

Deskripsi
Program Studi (prodi) Pendidikan Bahasa Prancis adalah salah satu program studi yang ada di Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang, merupakan cikal bakal berdirinya Jurusan Bahasa dan Sastra Asing. Prodi ini telah ada sejak tahun 1980 dan mendapat SK Dikti 1996, yang dipimpin oleh seorang ketua program studi (kaprodi). Sejalan dengan visi dan misi, Prodi Pendidikan Bahasa Prancis dikembangkan untuk menghasilkan lulusan sarjana di bidang pendidikan dan bahasa Prancis  (S.Pd.) dengan kompetensi pendukung praktisi di bidang penerjemahan, pariwisata, dan administrasi. Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Prancis menawarkan sejumlah mata kuliah wajib dan pilihan minimal 144 SKS dan maksimal 163 SKS.

Peluang Kerja:

  1. Guru bahasa Prancis
  2. Pengajar di kursus bahasa Prancis
  3. Penerjemah Indonesia-Prancis dan Prancis-Indonesia
  4. Konsultan bahasa Prancis
  5. Pemandu wisat

Kata Alumni

“Saya memilih Prodi Pendidikan Bahasa prancis karena ketertariakan saya terhadap bahasa Prancis dan terlebih saya memiliki cita-cita untuk menajadi seorang pendidik. Dengan diampu oleh dosen-dosen profesional dan ditunjang dengan pengajar Asing, Prodi Pendidikan Bahasa Prancis mampu bersaing dengan Prodi serupa, terlebih Prodi Pendidikan Bahasa Prancis Unnes merupakan satu-satunya Prodi bahasa Prancis di Jawa Tengah,”–SYARIF HIDAYAT, S.Pd., alumni angkatan 2007


Sastra Prancis (S1)

Gelar

Sarjana Sastra (S.S)

Akreditasi

A berdasarkan SK BAN-PT 2488/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017

Deskripsi

Izin:  2594/D/T/2001 552/D/T/2007. Program Studi Sastra Prancis adalah salah satu program studi yang ada di Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Program studi yang berdiri sejak tahun 2001 ini dipimpin oleh seorang ketua program studi.

Program Studi Sastra Prancis adalah program studi yang dikembangkan untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan berbahasa Prancis dan terkonsentrasi pada dua kompetensi yakni kompetensi sastra dan linguistik. Prodi ini menawarkan sejumlah mata kuliah pokok dan mata kuliah minimal 144 SKS dan maksimal 160 SKS.

Jumlah mahasiswa di Program Studi Sastra Prancis sampai dengan bulan Februari 2012 ada 94 orang, terhitung mulai angkatan 2006. Seluruh mahasiswa dari angkatan pertama (Angkatan 2001) sampai dengan angkatan kelima (Angkatan 2005) telah lulus semuanya.

Program Studi Sastra Prancis mempunyai delapan (8) orang dosen yang aktif mengajar dengan kualifikasi pendidikan S2 dan S3. Berikut adalah daftar nama dosen di Prodi Sastra Prancis:

NoNamaLulusan
1.Dr. B. Wahyudi Joko Santoso, M. Hum– S1 Sastra Prancis Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
– S2 Ilmu Linguistik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
– S3 Ilmu Linguistik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
2.Dr. Sri Rejeki Urip, M.Hum– S1 Pendidikan Bahasa Prancis IKIP Negeri Semarang.
– S2 Ilmu Linguistik Universitas Indonesia, Jakarta.-   
– S3 Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
3.Dra. Diah Vitri Widayanti, DEA.– S1 Pendidikan Bahasa Prancis IKIP Negeri Semarang.
– S2 Ilmu Linguistik Université de Genève, Swiss.
4.Dra. Anastasia Pudji Triherwanti, M.Hum.– S1 Pendidikan Bahasa Prancis IKIP Negeri Semarang
– S2 Ilmu Linguistik Universitas Indonesia, Jakarta.
5.Drs. Isfajar Ardinugroho, M.Hum– S1 Pendidikan Bahasa Prancis IKIP Negeri Semarang.
– S2 Ilmu Linguistik Universitas Padjajaran, Bandung.
– Sedang menempuh S3 Ilmu Linguistik di Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
6.Suluh Edhi Wibowo, SS, M. Hum– S1 Sastra Prancis Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
– S2 Ilmu Susastra konsentrasi Kesusastraan Prancis Universitas Diponegoro, Semarang.
7.Ahmad Yulianto, SS, M. Pd.– S1 Sastra Prancis Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
– S2 Ilmu Kependidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
8.Sunahrowi, SS, M.A.– S1 Sastra Prancis Universitas Negeri Semarang.-      – S2 Ilmu Kesusastraan minat Sastra Prancis Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Program studi ini meluluskan angkatan pertama (angkatan 2001) pada tahun 2006. Rata-rata alumnus bekerja di agen-agen perjalanan wisata, baik domestik maupun asing. Ada juga beberapa alumnus yang bekerja di sektor perbankan, yakni di BNI 46 Jakarta. Wilayah sebaran mereka adalah di Pulau Bali, Yogyakarta, Semarang, dan Jakarta.

Mahasiswa Program Studi Sastra Prancis juga memiliki beberapa kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler yang secara aktif dilaksanakan oleh para mahasiswa program studi ini adalah Club de Français (Klub Konversasi Bahasa Prancis) dan Grup Teater “L’Aurore”.

Kata Alumni

Program Studi Sastra Prancis telah mengispirasi perjalanan hidup saya. Perjalanan ke Prancis dan ke beberapa negara di Eropa, bekerja dengan orang-orang Prancis, dan akhirnya bias menempuh studi lanjut S-2 di Jurusan Sastra minat Sastra Prancis di Universitas Gadjah Mada, merupakan sebuah pencapaian yang saya dapatkan berkat kuliah Sastra Prancis di Universitas Negeri Semarang.  Sungguh pengalaman yang berharga bisa mempelajari Bahasa Prancis di Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang …” —IMAM SUBADRIO, SS, M.A., Pemandu wisata senior di AZIMUTH ADVENTURE TRAVEL Ltd.

“Berkomunikasi menggunakan bahasa asing merupakan kepuasan tersendiri, terlebih Bahasa Prancis. Bahasa yang memiliki banyak julukan ini  membuat insan yang yang menggunakannya merasakan sensasi yang “Wow !” … Kekhasan prononciation-nya, keelokan conjugation-nya, dibalut hangat dan rapi dalam rangkaian struktur bahasa yang menawan. Apalagi karya agung para pujangganya menambah tabungan bekal dalam menilai kehidupan. Kasak-kusuk sukarnya Bahasa Prancis sekedar menjadi isapan jempol belaka jika kita berusaha untuk bersahabat dan terus merasa penasaran untuk mendalaminya. So, if you wanna be a francophile, let’s join us in French Literature Program of Semarang State University …” —ERVA YOLANDA KABAN, SS., Staf khusus customer berkebangsaan Prancis di NOUVELLE FRONTIÈRE.


Pendidikan Bahasa Arab (S1)

Akreditasi    

A berdasarkan SK BAN-PT 4494/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2017

Gelar

Sarjana Pendidikan (S.Pd)

Deskripsi

Program Studi (prodi) Pendidikan Bahasa Arab adalah salah satu program studi yang ada di Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Prodi ini mulai melaksanakan perkuliahan sejak tahun 2006 melalui SK Dirjen Dikti No. 1084/D2.2/2006, tanggal 14-6-2006, dipimpin oleh seorang ketua program studi (kaprodi). Sejalan dengan visi dan misi, Prodi Pendidikan Bahasa Arab dikembangkan untuk menghasilkan lulusan sarjana di bidang pendidikan dan bahasa Arab  (S.Pd.) dengan kompetensi pendukung praktisi di bidang penerjemahan, pariwisata, dan administrasi. Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Arab menawarkan sejumlah mata kuliah wajib dan pilihan 144 SKS.

Peluang Kerja:

  1. Guru bahasa Arab
  2. Peneliti Bahasa Arab
  3. Penerjemah lisan dan tulisan bahasa Arab- Indonesia
  4. Instruktur bahasa Arab
  5. Pemandu wisata
  6. Konsultan bahasa Arab

Kata Alumni

“Program studi pendidikan bahasa Arab Unnes mencoba menjawab kebutuhan stekholder tersebut dengan penyajian program pembelajaran terkait (serta selalu mengadakan perbaiakan-perbaikan dalam pembelajaran). Saya sebagai alumni pendidikan bahasa Arab Unnes merasakannya kini, Alhamdulillah kini saya dapat menyelesaikan studi saya dalam 7 semester dengan hasil terbaik, dan sudah bekerja sebagai tenaga pengajar bahasa Arab di SMA Pondok Modern Selamat Kendal, saya bisa mengamalkan ilmu yang saya miliki dan saya juga mencintai pekerjaan saya karena sesuai dengan kompetensi yang saya miliki, terimakasih pendidikan bahasa Arab Unnes. Sukses selalu dalam menghidupkan bahasa Arab dimanapun berada…, jangan pernah padam semangat itu,,,membumikan bahasa Arab,”-LAILUS SANA, Tenaga Pengajar Bahasa Arab Di SMA Pondok Modern Selamat Kendal


Pendidikan Bahasa Jepang S1

Akreditasi

Akreditasi B berdasarkan SK BAN-PT 1133/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2015

Gelar

Sarjana Pendidikan (S. Pd.)

Deskripsi

Program Studi (prodi) Pendidikan Bahasa Jepang adalah program studi keempat yang ada di Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Prodi ini mulai melaksanakan perkuliahan sejak tahun 2006 melalui SK Dirjen Dikti No.1647/D2.2/2006, dipimpin oleh seorang ketua program studi (kaprodi). Sejalan dengan visi dan misi, Prodi Pendidikan Bahasa Jepang dikembangkan untuk menghasilkan lulusan sarjana di bidang pendidikan dan bahasa Jepang (S.Pd.) dengan kompetensi pendukung praktisi di bidang penerjemahan, pariwisata, dan bisnis. Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Jepang menawarkan sejumlah mata kuliah wajib dan pilihan minimal 144 SKS dan maksimal 157 SKS.

Visi

Prodi Pendidikan Bahasa Jepang merupakan prodi konservasi budaya yang sehat, unggul, dan sejahtera untuk menghasilkan lulusan di bidang kependidikan yang berakhlak mulia, memiliki kompetensi akademik dan professional di bidang pendidikan bahasa Jepang yang mampu bersaing dalam skala nasional dan internasional di tahun 2015

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan akademik untuk menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki kompetensi di bidang pendidikan bahasa Jepang
  •  Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas untuk menghasilkan pembaharuan ilmu dan teknologi di bidang pendidikan bahasa Jepang serta menyemai sumberdaya manusia yang andal dan terpercaya di dalam penelitian pendidikan bahasa Jepang
  •  Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang tepat guna dan tepat sasaran untuk membantu memecahkan masalah yang terjadi dalam masyarakat di bidang pendidikan bahasa Jepang
  •  Menyelenggarakan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional.

Tujuan

Membentuk dan menghasilkan lulusan yang:

  1. cakap dan inovatif di bidang pendidikan dan pengajaran bahasa Jepang,
  2. mahir berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dalam bahasa Jepang,
  3. memiliki tanggung jawab terhadap profesi, dan
  4. menguasai hakikat keilmuan bahasa Jepang sehingga mampu berpikir, bersikap, dan bertindak sebagai ilmuwan.

Kompetensi Dasar

  1. Prodi Pendidikan Bahasa Jepang menyiapkan tenaga pendidik profesional dalam bidang bahasa Jepang yang beriman, bertakwa, mandiri, yang memiliki:
  2. Sikap nasionalis, profesional, tenggang rasa; kemampuan berkomunikasi dan mengapresiasi karya di bidang kebahasaan, dan berperilaku etis.
  3. Kemampuan dan keterampilan berbahasa Jepang lisan dan tulisan dengan baik dan benar
  4. Wawasan dalam bidang pranata kebahasaan, sosial, dan lintas budaya
  5. Kemampuan dan keterampilan pedagogis, metodologis, dan manajerial di bidang pendidikan bahasa Jepang
  6. Kemampuan melakukan penelitian dasar dan kegiatan ilmiah lain untuk pengembangan profesi sebagai pendidik
  7. Kemampuan dan keterampilan berwirausaha, bekerja sama, dan bersaing dalam dunia kerja

Peluang Kerja

1. Guru bahasa Jepang

2. Peneliti Bahasa Jepang

3. Penerjemah lisan dan tulisan

4. Instruktur

5. Pemandu wisata

6. Konsultan bahasa Jepang

7. Interpreter, Translator, Japanese Speaking Staff

Lulusan

Berdasarkan hasil penelusuran alumni, hampir 100% lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Jepang langsung mendapat pekerjaan baik sebagai guru, maupun bekerja di perusahaan. Bahkan menurut catatan sudah lima orang lulusan yang menjadi PNS. Selain bekerja di sektor formal, lulusan Prodi Pendidika Bahasa Jepang juga dapat berprofesi sebagai translator maupun interpreter, dan peluang kerja disektor ini akan selalu terbuka, karena keunikan tata bahasa Jepang yang terkadang tidak membutuhkan subjek menjadikan Bahasa Jepang akan sulit digantikan dengan Program maupun software seperti Google Translate.

Beasiswa

Selama menjadi mahasiswa di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang mahasiswa bisa mengikuti seleksi beasiswa:

  1. Monbukagakusho (belajar bahasa dan budaya Jepang selama 1 tahun di Jepang di universitas yang dikehendaki)
  2.  Jenesys (belajar bahasa dan budaya Jepang selama 1,5 bulan di Osaka Jepang)
  3. Short Course Program yang diselenggarakan oleh Japan Foundation, maupun Universitas di Jepang.

Pendidikan Bahasa Mandarin S1

Akreditasi

A berdasarkan SK BAN-PT 2121/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018

Gelar Lulusan
Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

Deskripsi

Universitas Negeri Semarang (UNNES) adalah satu-satunya Universitas di Jawa Tengah yang memiliki program S1 pendidikan bahasa Mandarin. Izin Penyelenggara berdasarkan surat mandat dari Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi No.998/E/T/2011 tanggal 14 Juli 2011. Prodi Mandarin dibuka pada tahun 2011, kini kami telah memiliki 20 siswa dari berbagai kota di Jawa Tengah. Seiring dengan perkembangan bahasa Mandarin yang pesat di Indonesia, kami yakin UNNES akan menjadi universitas favorit di Jawa Tengah yang menyediakan pendidikan S1 bahasa Mandarin. Universitas kami akan menjadi media yang baik dalam mengembangkan bahasa dan budaya China, serta mendidik siswa-siswi yang unggul dalam bahasa Mandarin. Kami telah menjalin kerjasama dengan beberapa Universitas di China, seperti: Ningbo University, Henan Normal University, Beijing Foreign Studies University dan Huaqiao University. Dengan adanya program kerjasama ini, kami dapat mengirim siswa-siswi kami untuk belajar di universitas di China.

Jumlah mahasiswa: 20 siswa (10 putra, 10 putri)

Jumlah dosen (termasuk kualifikasi): lulusan S2 China 1, Native teacher 2

Mata kuliah: Comprehensive Chinese, Listening, Speaking, Reading ,Writing, Modern Chinese, Tang and Song poetry reading, Ancient Chinese, Chinese Audio visual, dll

Kata Alumni

“Mandarin bgi aq jurusan yang bnr2 bisa ngasih motivasi untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik.Dosenku yang sangat spesial karena kesabarannya dalam mengajar kami. Ingin sukses dan bisa nglanjutin S2 di China,”– INA ROTUS SALAMAH