Pendidikan Bahasa Inggris (S1)

Deskripsi Awal

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris berdiri sejak tahun 1965. Pada saat ini masih bernama Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP Semarang). Seiring dengan perkembangan IKIP Semarang menjadi Universitas Negeri Semarang (UNNES) mulai tahun 1999 sampai sekarang, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris adalah salah satu Program Studi pada Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berada di bawah Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Mengapa Memilih

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FBS Unnes memiliki keunggulan dalam bidang SDM dosen yang berpredikat Master dan Doktor lulusan dalam dan luar negeri. Prodi ini memiliki kurikulum berbasis kompetensi dan konservasi. Prodi ini pun selalu mengikuti perkembangan model pembelajaran bahasa Inggris terkini. Dalam hal pengembangan potensi mahasiswa, Prodi ini juga memiliki beragam kegiatan ekstra kurikuler yang memberi peluang pengembangan diri bagi mahasiswanya untuk menjadi guru bahasa Inggris yang profesional dan menjadi praktisi bahasa Inggris di berbagai institusi.

Kompetensi Lulusan

Lulusan Program Studi Bahasa Inggris FBS Unnes banyak diserap dengan cepat oleh para stakeholder dan bekerja sesuai dengan bidangnya baik di instansi negeri maupun swasta di dalam maupun luar negeri.

Deskripsi Perkuliahan

Perkuliahan mencakup semua skills dan komponen bahasa Inggris serta materi pedagogis dan mata kuliah umum secara proporsional dan komprehensif. Diantara mata kuliahnya adalah Listening, Speaking, Reading, Writing, Lexical Studies, Grammar, Pronunciation, Language Teaching Theories, Language Teaching Methods, Language Teaching and Technology, Language Testing/Assessment, Cross-Cultural Understanding, Praktek Pengalaman Lapangan, dan lain-lain.

Cerita Alumni

1. “Ketika lulus SMA saya merasa tidak bisa berbahasa Inggris. Setelah lulus S1, bahasa Inggris bukan lagi hambatan bagi saya, dan dengan kemampuan bahasa Inggris saya, saya bisa memperoleh banyak kesempatan emas seperti mendapat Grant untuk presentasi di luar negeri, serta kesempatan-kesempatan program luar negeri lainnya.” (Dr. Issy Yuliasri, M.Pd. – Alumni Angkatan 1984)
2. “Yang spesial tentang Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS Unnes ini adalah bagaimana Program Studi mendukung kegiatan yang mampu memperkaya life skill saya. Saya didukung untuk menghidupkan kembali Teater “Mirror” yang kemudian sangat berperan dalam rangkaian hidup saya baik sebagai guru maupun sekarang sebagai diplomat. Secara akademis, Mata Kuliah seperti ESP, CCU, Listening, Speaking, Reading, dan Writing juga memberi bekal sangat penting bagi seorang diplomat.” (Hanung Nugraha, S.Pd. – Alumni Angkatan 1994)
3. “Ilmu dan pengalaman yang saya peroleh dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS Unnes telah mampu membantu mengembangkan potensi dan bakat saya secara optimal. Studying in the English Department of Unnes was one of my best decisions.” (Rohani, S.Pd., M.A. – Alumni Angkatan 1996)

Kontak Kami

Gedung B3 dan B8 Kampus Sekaran,
Jalan Raya Sekaran Gunungpati
Telp/Fax: 024-8508071 Semarang 50229
Email: uness_english@yahoo.com


Sastra Inggris S1

Akreditas

Akreditas B (Baik) berdasarkan SK.BAN-PT No. 018/BAN-PT/S1/VI/2010

Gelar Lulusan

Sarjana Sastra (S.S.)

Deskripsi Awal
Program Studi Sastra Inggris  berdiri sejak  1998 setelah diberikannya wider mandate kepada Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS) IKIP Semarang. Kedudukan program studi ini semakin kuat dengan berubahnya status IKIP Semarang menjadi Universitas Negeri Semarang pada  1999. Kini  Program Studi Sastra Inggris merupakan bagian dari Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris di bawah Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Mengapa Memilih Sastra Inggris
Program Studi Sastra Inggris FBS Unnes memiliki keunggulan dalam bidang SDM dosen yang berpredikat master dan doktor lulusan dalam dan luar negeri. Prodi ini memiliki kurikulum berbasis kompetensi dan konservasi. Prodi ini pun selalu mengikuti perkembangan model pembelajaran Sastra Inggris terkini. Dalam hal pengembangan potensi mahasiswa, prodi ini  memiliki beragam kegiatan ekstrakurikuler yang memberikan peluang pengembangan diri bagi mahasiswanya untuk menjadi ahli bahasa Inggris (linguis) dan menjadi praktisi bahasa Inggris di berbagai institusi.

Kompetensi Lulusan
Lulusan Program Studi Sastra Inggris FBS Unnes banyak bekerja di berbagai bidang, baik di instansi negeri maupun swasta di dalam maupun luar negeri, misalnya menjadi translator, interpreter, diplomat, jurnalis, editor, birokrat, penulis, dan sastrawan.

Deskripsi Kuliah
Perkuliahan mencakupi semua skills dan komponen bahasa Inggris serta mata kuliah sastra dan umum secara proporsional dan komprehensif. Di antara mata kuliahnya adalah Public Speaking, Creative writing, Theatre, Journalism, Debate,Translation, Interpreting, Indonesian Studies, Australian Studies, American Studies, British Studies, Literary Criticism, Drama, Drama Analysis, Poetry Analysis, dan Public Relation.

Kata Alumni
“Saya mendapatkan manfaat banyak dari bidang ilmu yang saya geluti. Banyak ilmu sastra yang saya gunakan untuk mengkaji fenomena budaya. Ilmu tersebut juga dapat saya gunakan untuk menulis dalam beberapa jurnal ilmiah, buku, dan konferensi ilmiah  tingkat internasional. Saya tidak merasa rugi mengambil Prodi Sastra Inggris Unnes. Kini saya aktif dalam dunia akademik dan penelitian di  Unnes.” — MOHAMAD IKHWAN ROSYIDI, S.S., M.A., alumnus angkatan 1998

“Prodi Sastra Inggris benar-benar memberikan pengetahuan  untuk menjadi profesional dalam bidang bahasa Inggris, lengkap dengan pemahaman terhadap konteks masyarakat serta keterampilan  kebutuhan kerja saat ini. Alhamdulillah, dengan bekal itu  saya lolos di  berbagai tes dan interview hingga menduduki posisi training supervisor di Tropical Oil Asia Cargill sekarang.” — MUSTOLIKH, S.S., alumnus angkatan 2004

“Di sini saya memiliki ruang aktualisasi diri dalam konteks akademis di lingkungan yang suportif dan kompetitif.  Prodi ini  telah meningkatkan kemampuan saya dalam berpikir kritis dan analitis, sehingga saya berhasil mendapatkan grant penelitian bagi mahasiswa di bidang sosial dan humaniora, mengikuti Pimnas  XIV hingga berpartisipasi dalam event HNMUN di Boston, Amerika Serikat.”— THOHIRIYAH, S.S., alumnus angkatan 2008

Alamat
“Gedung B3 dan B8 Kampus Sekaran,
Jalan Raya Sekaran Gunungpati
Telp/Fax: 024-8508071 Semarang 50229
Email: uness_english@yahoo.com”