Izin                                         : 6428/D/T/K-N/2011

Gelar                                     :  Sarjana Pendidikan (S. Pd.)

 

Deskripsi

Program Studi (prodi) Pendidikan Bahasa Prancis adalah salah satu program studi yang ada di Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang, merupakan cikal bakal berdirinya Jurusan Bahasa dan Sastra Asing. Prodi ini telah ada sejak tahun 1980 dan mendapat SK Dikti 1996, yang dipimpin oleh seorang ketua program studi (kaprodi). Sejalan dengan visi dan misi, Prodi Pendidikan Bahasa Prancis dikembangkan untuk menghasilkan lulusan sarjana di bidang pendidikan dan bahasa Prancis  (S.Pd.) dengan kompetensi pendukung praktisi di bidang penerjemahan, pariwisata, dan administrasi.Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Prancis menawarkan sejumlah mata kuliah wajib dan pilihan minimal 144 SKS dan maksimal 163 SKS.

 

Visi, Misi, Tujuan

Visi

Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Perancis yang menjunjung nilai-nilai konservasi budaya dalam menghasilkan lulusan profesional yang berdaya saing nasional maupun internasional.

 

Misi 

  • Menyelenggarakan pendidikan akademik di bidang pendidikan kebahasaan dan kebudayaan Perancis.
  • Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas untuk menghasilkan pembaruan ilmu dan teknologi di bidang pendidikan bahasa Perancis
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang tepat guna dan tepat sasaran di bidang kebahasaan dan kebudayaan untuk memecahkan masalah yang terjadi dalam bidang pendidikan bahasa Prancis
  • Menyelenggarakan  kerja   sama   dengan berbagai pihak di tingkat lokal, regional, nasional, dan internasional untuk mewujudkan pengembangan tri dharma perguruan tinggi yang kondusif.

 

Tujuan

  1. menjunjung tinggi nilai-nilai agama, moral, dan etika, serta berwawasan konservasi budaya dan konservasi lingkungan;
  2. melaksanakan budaya kerja keras, untuk mewujudkan profesionalisme di bidang pendidikan bahasa Perancis;
  3. memiliki kemandirian dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta dapat mengembangkan diri dalam bidang penelitian yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  4. memiliki kemampuan mewujudkan program-program kewirausahaan untuk menerapkan keahliannya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi ke dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat.

 

Kompetensi Dasar

Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis menyiapkan tenaga profesional yang unggul dan terampil dalam bidang pendidikan bahasa Prancis, yang beriman, bertaqwa, mandiri dan memiliki:

  1. sikap nasionalis, profesional, tenggang rasa, dan perilaku etis
  2. pengetahuan dan keterampilan berbahasa Prancis lisan dan tulis secara tepat dan akurat
  3. wawasan dalam bidang pranata kebahasaan, sosial dan lintas budaya
  4. pengetahuan dan keterampilan untuk mengadakan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Prancis, dan mengabdikan hasil-hasilnya untuk pengembangan pendidikan bahasa Prancis
  5. kemampuan dan keterampilan berwirausaha, bekerja sama, dan bersaing dalam dunia kerja.

 

Peluang Kerja

  1. Guru bahasa Prancis
  2. Pengajar di kursus bahasa Prancis
  3. Penerjemah Indonesia-Prancis dan Prancis-Indonesia
  4. Konsultan bahasa Prancis
  5. Pemandu wisata

CAPAIAN PEMBELAJARAN SIKAP

  1. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  2. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewira-usahaan ;
  3. menginternalisasi sikap apresiatif dan peduli dalampelestarian ling-kungan hidup, seni, dan nilai-nilai sosial budaya yang berkembang di masyarakat.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN PENGETAHUAN

  1. menguasai konsep teoritis pendidikan secara umum dan konsep teoritis kependidikan Bahasa Perancis secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah  prosedural, khususnya dalam bidang kependidikan Bahasa Perancis
  2. mampu menyelenggarakan pembelajaran Bahasa Perancis menggunakan strategi inovatif yang berwawasan konservasi dalam suasana akademik yang demokratis
  3. cerdas memilah dan memilih media dan alat evaluasi sesuai kurikulum yang diajarkannya dengan mengamalkan nilai konservasi dan menumbuhkan karakter peserta didiknya
  4. menguasai metodologi penelitian pendidikan Bahasa Perancis dan mengembangkan penelitian dasar dan kegiatan ilmiah lain untuk pengembangan profesi sebagai pendidik
  5. menerapkan wawasan dalam bidang pranata kebahasaan, sosial, dan lintas budaya.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN UMUM

  1. menguasai kemahiran berbahasa Prancis lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis dan pekerjaan setara tingkat B2 (DELF B2).
  2. menguasai berbagai teori konsep dan prinsip kebahasaa dan belajar bahasa serta menerapkannya dalam belajar dan pembelajaran bahasa Prancis baik untuk kebutuhan umum maupun khusus.
  3. memecahkan masalah belajar dan pembelajaran bahasa Prancis dalam lingkup sederhana dengan menerapkan teori pendekatan konsep atau prinsip yang berkaitan dengan desain dan model pembelajaran bahasa Prancis, merencanakan, menerapkan, mengelola, mengevaluasi serta melakukan perbaikan belajar dan pembelajaran bahasa Prancis untuk tujuan umum maupun khusus berdasarkan identifikasi dan analisis karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan.
  4. mendesiminasikan hasil kajian terhadap masalah belajar dan pembelajaran bahasa Prancis dalam bentuk laporan ilmiah atau kertas kerja.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KHUSUS

  1. mampu menerjemahkan /mengalihbahasakan berbagai jenis teks dari bahasa Perancis ke bahasa Indonesia dan sebaliknya
  2. mampu menulis/ menyunting naskah jurnalisme berbahasa Perancis
  3. mampu mendidik dan mengajar bhs prc: menyusun kur, menyusun bahan ajar, media, dll.
  4. mampu mengelola korespondensi kesekretariatan dalam bahasa Perancis.
  5. mampu mengelola tugas administratif pelayanan bidang perhotelan.

 

 DOwnload Struktur Kurikulum Prodi Pend dan Sastra Prancis