Izin                                         :  125/E/O/2012

Akreditasi                            :  C

204/Sk/BAN-PT/Akred/S/VII/2014

Gelar                                     :  Sarjana Pendidikan (S. Pd.)

 

Deskripsi

Pada era globalisasi ini, hubungan antara negara serasa tiada batas, apalagi dengan bermunculan teknologi canggih dalam dunia komunikasi dan begitu banyaknya wisman dari penjuru dunia untuk menikmati keindahan alam Indonesia atau untuk berdagang. Dalam rangka menyambut kedatangan wisatawan mancanegara, maka dibutuhkan generasi yang tangguh dalam berkomunikasi dengan berbagai bahasa asing termasuk bahasa Mandarin. Universitas Negeri Semarang dalam hal Ini Fakultas Bahasa dan Seni mencoba membantu mengembangkan kemampuan berbahasa asing dengan membuka program studi Pendidikan Bahasa Mandarin.

 

Visi Program Studi

Menjunjung tinggi nilai konservasi budaya dengan mengedepankan kemandirian dan profesionalisme dalam mengembangkan bidang pendidikan bahasa dan budaya Mandarin yang mampu bersaing dalam skala nasional dan internasional.

Misi Program Studi

  1. Mengelola Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin yang sehat dalam organisasi, unggul dalam prestasi, tangguh dalam menghadapi tantangan, dan berwawasan konservasi budaya
  2. Menyelenggarakan pendidikan yang unggul di bidang pendidikan bahasa Mandarin untuk menghasilkan tenaga  pendidik yang memiliki kompetensi di bidang pendidikan bahasa  Mandarin yang profesional, unggul, berkarakter,  terampil di bidangnya, berwawasan konservasi budaya, dan berdaya saing nasional dan internasional
  3. Melaksanakan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Mandarin untuk mendukung tercapainya  prodi yang  menghasilkan pembaharuan ilmu dan teknologi di bidang pendidikan bahasa Mandarin serta menyemai sumberdaya manusia yang andal dan terpercaya.
  4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang tepat guna di masyarakat di bidang pendidikan bahasa Mandarin.
  5. Menyelenggarakan kerjasama yang bertanggung jawab dan saling menguntungkan dengan berbagai pihak di tingkat lokal, nasional, regional, dan internasional untuk mewujudkan pengembangkan tridharma perguruan tinggi yang kondusif.

Tujuan Penyelenggaraan

  1. Terwujudnya tata kelola program studi yang sehat dalam organisasi, unggul dalam prestasi, tangguh dalam menghadapi tantangan, dan berwawasan konservasi budaya dan bereputasi intermasional.
  2. Terselenggarnya pendidikan yang unggul di bidang pendidikan bahasa Mandarin untuk menghasilkan tenaga pendidik yang memiliki kompetensi di bidang pendidikan bahasa Mandarin yang profesional, unggul, berkarakter,  terampil di bidangnya, berwawasan konservasi budaya, dan berdaya saing nasional dan internasional
  3. Terlaksananya penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Mandarin untuk mendukung tercapainya prodi yang menghasilkan pembaharuan ilmu dan teknologi di bidang pendidikan bahasa Mandarin serta menyemai sumberdaya manusia yang andal dan terpercaya.
  4. Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat yang tepat guna di masyarakat di bidang pendidikan bahasa Mandarin.
  5. Terselenggaranya kerjasama yang, bertanggung jawab dan saling menguntungkan dengan berbagai pihak di tingkat lokal, nasional, regional, dan internasional untuk mewujudkan pengembangkan tridharma perguruan tinggi yang kondusif.

Kualifikasi yang dihasilkan

Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin (S1) akan mencetak tenaga ahli dalam pendidikan dan pengajaran bahasa Mandarin atau guru bahasa Mandarin yang handal dan terampil berbahasa Mandarin secara lisan dan tulisan. Tenaga ahli tersebut akan memenuhi kebutuhan lapangan kerja, sektor pemerintah maupun swasta, seperti kebutuhan tenaga guru bahasa Mandarin. Selain itu, lulusan dari program studi ini dapat mengisi lapangan kerja swasta mandiri dengan kemampuan mengelola lembaga pendidikan dan pengajaran bahasa Mandarin.

 

KURIKULUM PROGRAM STUDI (S1) PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN

Sesuai dengan program yang ditawarkan yaitu mendidik tenaga pengajar bahasa Mandarin, maka program ini mempunyai beban 144 sks yang terbagi dalam 8 semester. Kompetensi utama lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin adalah lulusan yang profesional dan terampil dalam bidang pendidikan bahasa Mandarin, yang  memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengajar  bahasa Mandarin. Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin menyiapkan tenaga pendidik profesional dalam bidang bahasa Mandarin yang beriman, bertakwa, mandiri, yang memiliki:

  • Kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Mandarin secara aktif dan santun, yang didukung penguasaan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis dalam bahasa Mandarin dengan tepat.
  • Kemampuan menyelenggarakan pembelajaran bahasa Mandarin dengan menggunakan strategi inovatif, teknologi mutakhir dan suasana yang demokratis
  • Kemampuan memberikan pelatihan bahasa Mandarin menggunakan pendekatan inovatif dan teknologi mutakhir yang berwawasan budaya dan menjunjung tinggi nilai prinsip nasionalis.
  • Kemampuan dan kecerdasan memberikan bimbingan dalam pembelajaran dan penggunaan bahasa Mandarin.
  • Kemampuan menjadi model bagi pembelajar sebagai warga negara yang religius, tangguh, toleran, dan bertanggung jawab.
  • Wawasan dalam bidang pranata kebahasaan, sosial dan lintas budaya.
  • Kemampuan dan keterampilan pedagogis, metodologis, dan manajerial di bidang pendidikan bahasa Mandarin.
  • Kemampuan melakukan penelitian dasar dan kegiatan ilmiah lain untuk pengembangan profesi sebagai pendidik.
  • Kemampuan dan keterampilan berwirausaha, bekerja sama, dan bersaing serta membangun jejaring dalam dunia kerja.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN SIKAP

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. menginternalisasi sikap apresiatif dan peduli dalam pelestarian lingkungan hidup, seni, dan nilai-nilai sosial budaya yang berkembang di masyarakat.

CAPAIAN PEMEBELAJARAN PENGETAHUAN

  1. Menguasai konsep teoritis tentang ilmu Bahasa Mandarin (fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik)
  • Menguasai konsep teoritis tentang fonologi (struktur tata bunyi, bunyi inisial, final, ton, perubahan ton dan intonasi, aturan penulisan bunyi Hanyu Pinyin)
  • Menguasai konsep teoritis tentang morfologi (proses morfologis, jenis-jenis morfologis, jenis morfem, jenis dan pembentukan kata, kelas kata)
  • Menguasai konsep teoritis tentang sintaksis (hakikat sintaksis, alat dan satuan sintaksis, analisis fungsi kalimat, jenis kalimat tunggal, jenis kalimat majemuk, bentuk kalimat khas bahasa Mandarin )
  • Menguasai konsep teoritis tentang semantik (hakikat semantik, jenis makna, relasi makna, perubahan makna)
  1. Menguasai pengetahuan tentang negara Tiongkok secara umum (sejarah, geografi, dan budaya), serta memiliki pemahaman lintas budaya.
  • Menguasai pengetahuan tentang sejarahTiongkok
  • Menguasai pengetahuan tentang geografi Tiongkok
  • Menguasai pengetahuan tentang budaya Tiongkok
  • Memiliki pemahaman lintas budaya (Indonesia-Tiongkok)
  1. Menguasai konsep teoritis ilmu Pedagogi (Perencanaan Pembelajaran, Strategi Belajar Mengajar, Media pembelajaran, penilaian proses dan hasil pembelajaran) dan Psikologi pendidikan.
  • Menguasai konsep teoritis tentang perencanaan pembelajaran
  • Menguasai konsep teoritis tentang Strategi Belajar Mengajar
  • Menguasai konsep teoritis tentang media pembelajaran
  • Menguasai konsep teoritis tentang penilaian proses dan hasil pembelajaran
  • Menguasai konsep teoritis tentang psikologi pendidikan
  1. Menguasai konsep metodologi Penelitian Pendidikan
  • Menguasai hakikat penelitian dan fungsi penelitian
  • Menguasai jenis-jenis penelitian pendidikan
  • Menguasai konsep metode penelitian pendidikan
  1. Menguasai konsep tentang kewirausahaan yang berkaitan dengan bahasa Mandarin.
  • Menguasai hakikat dan tujuan kewirausahaan
  • Menguasai konsep perencanaan produk
  • Menguasai prinsip-prinsip pemasaran

 

CAPAIAN PEMEBALAJARAN KETERAMPILAN UMUM

  1. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawahtanggungjawabnya;

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu mengaplikasikan keterampilan berbahasa Mandarin (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) baik lisan dan/atau tulis setara HSK 4.
  •      Mampu mengaplikasikan keterampilan menyimak bahasa Mandarin baik lisan dan/atau tulis setara HSK 4.
  •      Mampu mengaplikasikan keterampilan berbicara bahasa Mandarin baik lisan dan/atau tulis setara HSK 4.
  •      Mampu mengaplikasikan keterampilan membaca bahasa Mandarin baik lisan dan/atau tulis setara HSK 4.
  •      Mampu mengaplikasikan keterampilan menulis bahasa Mandarin baik lisan dan/atau tulis setara HSK 4.
  1. Mampu memanfaatkan pengetahuan ilmu Bahasa Mandarin dalam praktik berbahasa Mandarin dan pembelajaran bahasa Mandarin.
  •     Mampu memanfaatkan pengetahuan ilmu Bahasa Mandarin dalam praktik berbahasa Mandarin
  •     Mampu memanfaatkan pengetahuan ilmu Bahasa Mandarin dalam  pembelajaran bahasa Mandarin.
  1. Mampu memanfaatkan pengetahuan pedagogi untuk merancang , melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran Bahasa Mandarin.
  • Mampu memanfaatkan pengetahuan pedagogi untuk merancang pembelajaran Bahasa Mandarin (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP).
  • Mampu memanfaatkan pengetahuan pedagogi untuk melaksanakan pembelajaran Bahasa Mandarin (sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP).
  • Mampu memanfaatkan pengetahuan pedagogi untuk mengevaluasi pembelajaran Bahasa Mandarin sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
  1. Mampu memanfaatkan pengetahuan metodologi penelitian pendidikan untuk merancang, melaksanakan, dan melaporkan penelitian pendidikan Bahasa Mandarin.
  • Mampu memanfaatkan pengetahuan metodologi penelitian pendidikan untuk merancang penelitian pendidikan Bahasa Mandarin.
  • Mampu memanfaatkan pengetahuan metodologi penelitian pendidikan untuk melaksanakan penelitian pendidikan Bahasa Mandarin.
  • Mampu memanfaatkan pengetahuan metodologi penelitian pendidikan untuk melaporkan hasil penelitian pendidikan Bahasa Mandarin.
  1. Mampu memanfaatkan IPTEKS dan keterampilan bahasa Mandarin untuk mewujudkan tenaga terampil dan wirausahawan yang berkaitan dengan bahasa Mandarin.
  • Mampu memanfaatkan IPTEKS dan keterampilan bahasa Mandarin untuk mewujudkan tenaga terampil yang berkaitan dengan bahasa Mandarin.
  • Mampu memanfaatkan IPTEKS dan keterampilan bahasa Mandarin untuk mewujudkan wirausahawan yang berkaitan dengan bahasa Mandarin.

 

Kurikulum

Kurikulum yang akan dikembangkan dalam program studi (S1) Pendidikan Bahasa Mandarin mengacu pada Pedoman Kurikulum Berbasis Kompetensi, yakni terdiri dari kelompok mata kuliah sebagai berikut :

 

Sebaran Mata Kuliah

 

NO. KD. MK. NAMA MATA KULIAH SKS SMT P/T W/P MK. PRASYARAT
1 15P01171 Chuji Hanyu Zonghe Shang 6 1 T W  
2 15P01172 Chuji Hanyu Kouyu  Shang 2 1 T W  
3 15P01173 Chuji Hanyu Tingli Shang 4 1 T W  
4 15P01174 Chuji Hanyu Yuedu  Shang 2 1 T W  
5 15P01175 Hanzi 2 1 T W  
6 15U00007 Pendidikan Pancasila 2 1 T W  
7 15U00012 Pendidikan Konservasi 2 1 T W  
8 15F00029 Pengantar Ilmu Budaya 2 2 T W  
9 15P01176 Chuji Hanyu Zonghe Xia 6 2 T W Chuji Ha
10 15P01177 Chuji Hanyu Kouyu  Xia 2 2 T W Chuji Ha
11 15P01178 Chuji Hanyu Tingli Xia 2 2 T W Chuji Ha
12 15P01179 Chuji Hanyu Yuedu  Xia 2 2 T W Chuji Ha
13 15P01180 Xiandai Hanyu 2 2 T W  
14 15U00001 Pendidikan Agama Islam 2 2 T W  
15 15U00002 Pendidikan Agama Katholik 2 2 T W  
16 15U00003 Pendidikan Agama Kristen 2 2 T W  
17 15U00004 Pendidikan Agama Hindu 2 2 T W  
18 15U00005 Pendidikan Agama Budha 2 2 T W  
19 15U00006 Pendidikan Agama Konghuchu 2 2 T W  
20 15U00013 Pengantar Ilmu Pendidikan 2 2 T W  
21 15P01181 Zhongji Hanyu Zonghe Shang 6 3 T W Chuji Ha
22 15P01182 Zhongji Hanyu Ting Shuo  Shang 4 3 T W Chuji Ha
23 15P01183 Zhongji Hanyu Yuedu  Shang 2 3 T W Chuji Ha
24 15P01184 Hanyu Yufa Shang 2 3 T W  
25 15P01185 Jiaoxue Celüe 2 3 T W  
26 15U00009 Bahasa Indonesia 2 3 T W  
27 15U00014 Psikologi Pendidikan 2 3 T W  
28 15P01186 Zhongji Hanyu Zonghe Xia 4 4 T W Zhongji
29 15P01187 Zhongji Hanyu Ting Shuo  Xia 4 4 T W Zhongji
30 15P01188 Zhongji Hanyu Yuedu  Xia 2 4 T W Zhongji
31 15P01189 Hanyu Yufa Xia 2 4 T W Hanyu Yu
32 15P01190 Hanyu Xiezuo  Shang 2 4 T W  
33 15P01191 Jiaoxue Sheji 2 4 T W  
34 15U00008 Pendidikan Kewarganegaraan 2 4 T W  
35 15U00016 Manajemen Sekolah 2 4 T W  
36 15P01192 Gaoji Hanyu Zonghe Shang 2 5 T W Zhongji
37 15P01193 Gaoji Hanyu Tingshuo Shang 2 5 T W Zhongji
38 15P01194 Gaoji Hanyu Yuedu  Shang 2 5 T W Zhongji
39 15P01195 Hanyu Xiezuo  Xia 2 5 T W Hanyu Xi
40 15P01196 Hanyu Shuiping Kaoshi 4 5 T W Zhongji
41 15P01197 Jiaoxue Ceshi  Yu Pinggu 2 5 T W  
42 15P01198 Jiaoxue Kecheng 2 5 T W  
43 15U00010 Bahasa Inggris 2 5 T W  
44 15U00015 Bimbingan Konseling 2 5 T W  
45 15P01199 Gaoji Hanyu Zonghe Zhong 2 6 T W Gaoji Ha
46 15P01200 Gaoji Hanyu Ting Shuo  Xia 2 6 T W Gaoji Ha
47 15P01201 Gaoji Hanyu Yuedu  Xia 2 6 T W Gaoji Ha
48 15P01202 Zhongji Hanyu Shi Ting Shuo  Shang 2 6 T W Gaoji Ha
49 15P01203 Zhongguo Wenhua 2 6 T W  
50 15P01204 Tang Shi Song  Shi 2 6 T W  
51 15P01205 Zhongguo Lüyou 2 6 T W  
52 15P01206 Yanjiu Fangfa 2 6 T W  
53 15P01207 Micro Teaching 2 6 T W  
54 15P01211 Shangwu Kouyu 2 6 T P  
55 15U00011 Kewirausahaan 2 6 T W  
56 15U00017 Praktik Pengalaman Lapangan 1 2 7 P W 90 SKS (
57 15U00018 Praktik Pengalaman Lapangan 2 4 7 P W 90 SKS (
58 15U00019 Kuliah Kerja Nyata 4 7 L W 110 SKS
59 15U00021 Skripsi 6 7 T W 130 SKS
60 15P01208 Gaoji Hanyu Zonghe Xia 2 8 T W Gaoji Ha
61 15P01209 Zhongji Hanyu Shi Ting Shuo  Xia 2 8 T W Gaoji Ha
62 15P01210 Zhongguo Lishi 2 8 T W  
63 15P01212 Fanyixue 2 8 T P  
64 15P01213 Zhongguo Wenxue 2 8 T P  
65 15P01214 Baokan Yuedu 2 8 T P  

 

Kata Alumni

“Mandarin bgi aq jurusan yang bnr2 bisa ngasih motivasi untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik.Dosenku yang sangat spesial karena kesabarannya dalam mengajar kami. Ingin sukses dan bisa nglanjutin S2 di China,”– INA ROTUS SALAMAH

Alamat

Gedung B, Kampus Sekaran, Gunung Pati , Semarang

Telp: 024-8508072