Izin                                         : 10485/D/T/K-N/2012

 

Gelar                                     :  Sarjana Pendidikan (S. Pd.)

Deskripsi

Program Studi (prodi) Pendidikan Bahasa Arab adalah salah satu program studi yang ada di Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Prodi ini mulai melaksanakan perkuliahan sejak tahun 2006 melalui SK Dirjen Dikti No. 1084/D2.2/2006, tanggal 14-6-2006, dipimpin oleh seorang ketua program studi (kaprodi). Sejalan dengan visi dan misi, Prodi Pendidikan Bahasa Arab dikembangkan untuk menghasilkan lulusan sarjana di bidang pendidikan dan bahasa Arab  (S.Pd.) dengan kompetensi pendukung praktisi di bidang penerjemahan, pariwisata, dan administrasi.Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Arab menawarkan sejumlah mata kuliah wajib dan pilihan 144 SKS.

 

Visi, Misi, Tujuan

Visi

Visi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab adalah menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang menjunjung tinggi nilai-nilai konservasi budaya dengan mengedepankan kemandirian dan profesionalisme dalam mengembangkan bidang pendidikan bahasa Arab yang mampu bersaing dalam skala nasional dan internasional.

 

Misi 

Misi Prodi Pendidikan Bahasa Arab adalah sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan penelitian di bidang ilmu bahasa Arab untuk menghasilkan lulusan yang profesional, unggul, berkarakter, dan terampil di bidangnya.
  2. Mempersiapkan sumber daya manusia yang mumpuni dalam bidang pendidikan bahasa Arab.
  3. Melaksanakan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan bahasa Arab.
  4. Menyebarluaskan pengetahuan sosial budaya dan teknologi berbasis pendidikan bahasa Arab.
  5. Mengajarkan keterampilan berbahasa Arab dalam bidang penerjemahan, kejurubahasaan, kepariwisataan, dan bisnis.

 

Tujuan

Tujuan Prodi Pendidikan Bahasa Arab adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan bahasa Arab sesuai tuntutan perkembangan zaman dan bermanfaat bagi pengembangan masyarakat.
  2. Melaksanakan program peningkatan kinerja layanan berbasis peningkatan mutu secara berkelanjutan.
  3. Membuat dan memperkuat jejaring dan kemitraan dengan universitas dan instansi lain dalam skala nasional maupun internasional untuk meningkatkan potensi keilmuan tenaga pengajar dan mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab.
  4. Menghasilkan lulusan yang berkarakter, memiliki kemampuan meneliti, mengaplikasikan, dan mengabdikan ilmunya demi memberikan manfaat kepada masyarakat serta mampu bersaing di dunia global dengan kualifikasi:
  5. Religius, jujur, cerdas, adil, tanggungjawab, peduli, toleran, demokratis, cinta tanah air, tangguh, dan santun.
  6. Terampil, mandiri, kreatif, dan inovatif, serta mampu bersaing di dunia global.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN SIKAP

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religi
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN PENGETAHUAN

  1. Menguasai konsep teoritis kebahasaan bahasa Arab dan teknik berkomunikasi lisan dan tulis dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan yang didukung pengetahuan kosa kata, gramatika, pelafalan, dan pengetahuan budaya yang tepat dan berterima.
  2. Menguasai konsep teoretis tentang pedagogi dan pembelajaran bahasa Arab yang meliputi pendekatan, metode, teknik, dan strategi yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
  3. Menguasai prinsip pengantar ilmu pendidikan, psikologi pendidikan, manajemen pendidikan, konsep dan teknik pengembangan program pembelajaran, penyajian (metode dan prosedur), pengelolaan, dan evaluasi pendidikan.
  4. Menguasai ilmu dasar lain yang menunjang pemahaman ilmu bahasa Arab dan keterkaitannya sesuai dengan perkembangan iptek.
  5. Mampu memecahkan masalah di bidang pembelajaran dan ilmu bahasa Arab melalui penerapan pengetahuan ilmu bahasa Arab pada bidang pembelajaran dan ilmu bahasa Arab, serta penerapan teknologi yang relevan.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam lamanperguruan tinggi; menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

  

CAPAIAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mahir berkomunikasi dalam bahasa Arab baik lisan dan tulis dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan yang didukung pengetahuan kosa kata, gramatika, pelafalan, dan pengetahuan budaya yang tepat.
  2. Mahir melaksanakan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode, teknik, strategi, dan pendekatan yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan secara demokratis dengan penerapan media teknologi dan informasi yang berwawasan lingkungan, keilmuan, dan kebudayaan;
  3. Mampu menerjemahkan bahasa Arab ke bahasa Indonesia dan sebaliknya dengan menjunjung tinggi nilai nasionalisme dan budaya bangsa.
  4. Mampu menulis dan menyunting naskah berbahasa Arab berdasarkan prinsip kejujuran. Mampu mengelola kesekretariatan dan korespondensi dalam bahasa Arab dengan cerdas, terampil, dan santun.
  5. Mampu mengelola tugas administratif dan pelayanan bidang bisnis yang berbahasa pengantar bahasa Arab dengan jujur dan bertanggung jawab.
  6. Mampu mengaplikasikan wahana teknologi informasi komunikasi (TIK) untuk mencapai peningkatan kompetensi dan profesionalisme lulusan.
  7. Mampu mengaplikasikan statistika dalam penelitian, pengembangan, dan pengajaran di bidang pendidikan bahasa Arab dengan jujur dan bertanggung jawab.

 

 

Peluang Kerja

  1. Guru bahasa Arab
  2. Peneliti Bahasa Arab
  3. Penerjemah lisan dan tulisan bahasa Arab- Indonesia
  4. Instruktur bahasa Arab
  5. Pemandu wisata
  6. Konsultan bahasa Arab

 

Sebaran Matakuliah

 

No. Kode MK MATA KULIAH T/P/L (T=Teori, P=Praktik, L=Lapangan/ Lainnya) SKS        T SKS TOTAL      Semester

(1-8)

1 U Pendidikan Pancasila T 2 2 1
2 U Bahasa Indonesia T 2 2 1
3 U Pendidikan Konservasi T 2 2 1
4 P Ilmu Aswat wal Kitabah (Mendengar 1) T/P 3 3 1
5 P Usus Hiwarat (Berbicara 1) T/P 3 3 1
6 P Dirasat lil Mufradat (Membaca 1) T/P 3 3 1
7 P Tarakib wa Tahawil Jumal (Menulis 1) T/P 3 3 1
8 P Pengantar Linguistik Umum T 2 2 1
20
9 U Pendidikan Agama Islam T 2 2 2
10 U Pengantar Ilmu Pendidikan T 2 2 2
11 P Istima’ Muhadasah (Mendengar 2) T/P 3 3 2
12 P Tadrib Muhadasah (Berbicara 2) T/P 3 3 2
13 P Qira’ah Basitah (Membaca 2) T/P 2 2 2
14 P Kitabah (Menulis 2) T/P 2 2 2
15 P Muqaddimah fi Ilmi Nahwi (Nahwu 1) T 2 2 2
16 P Tasrif Kalimah (Shorof 1) T 2 2 2
17 P Psikolinguistik T 2 2 2
20
18 U Psikologi Pendidikan T 2 2 3
19 P Istima’ Maqal wa Qishah (Mendengar 3) T/P 3 3 3
20 P Tafa’ul Ittishaly (Berbicara 3) T/P 3 3 3
21 P Muthala’ah (Membaca 3) T/P 2 2 3
22 P Insya (Menulis 3) T/P 2 2 3
23 P Sosiolinguistik T 2 2 3
24 P Shiyaghul Kalam (Shorof 2) T 2 2 3
25 P Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab T 2 2 3
26 P Metodologi Pengajaran Bahasa Arab T 2 2 3
20
27 U Pendidikan Kewarganegaraan T 2 2 4
28 U Managemen Sekolah T 2 2 4
29 P Khithabah Ilmiah (Berbicara 4) T/P 2 2 4
30 P Muthala’ah Mukasafah (Membaca 4) T/P 2 2 4
31 P Murosalat (Menulis 4) T/P 2 2 4
32 P Tadribat Qawa’id Lughah (Nahwu 2) T 2 2 4
33 P Isytiqaq (Shorof 3) T 2 2 4
34 P Evaluasi Pengajaran Bahasa Arab T 2 2 4
35 P Strategi Pembelajaran Bahasa Arab T 2 2 4
36 P Statistika T 2 2 4
20
37 U Bahasa Inggris 1 T 2 2 5
38 U Bimbingan dan Konseling T 2 2 5
39 F Pengantar Ilmu Budaya T 2 2 5
40 P Taqwiyah Qawa’id Lughah (Nahwu 3) T 2 2 5
41 P Fiqh Lughah (Filologi) T 2 2 5
42 P Perencanaan Pengajaran Bahasa Arab T 2 2 5
43 P Media Pengajaran Bahasa Arab T 2 2 5
44 P Tarjamah Nazhariyah (Teori Terjemah) T 2 2 5
45 P Metodologi Penelitian T 2 2 5
46 P Manhaj Kitabah Buhus Ilmiah (Metode Penelitian Bahasa Arab) T 2 2 5
20  
47 U Kewirausahaan T 2 2 6
48 P Ilmu Al-Dalalah (Semantik) T 2 2 6
49 P Balaghah (Retorika) T 2 2 6
50 P Telaah Kurikulum Bahasa Arab SMP sederajat dan SMA sederajat T 2 2 6
51 P Microteaching T/P 2 2 6
52 P Tarjamah Tatbiqiyyah (Praktek Terjemah) T/P 2 2 6
53 P Tarikh Adab (Sejarah Sastra) T 2 2 6
54 P Nusus Adabiyyah (Analisis Teks Sastra) T 2 2 6
55 P Nadwah Ilmiah (Seminar Ilmiah) T 2 2 6
56 P Bahasa Inggris 2 T 2 2 6
20  
57 U Praktik Pengalaman Lapangan 1 T/P 2 7
58 U Praktik Pengalaman Lapangan 2 P 4 7
59 U Kuliah Kerja Nyata P 4 7
60 U Skripsi T/P 6 6 7
16  
61 P Arabiyyah lil Athfal (Bahasa Arab Untuk Anak) T/P 2 2 8
62 P Tsaqofah Arabiyyah (Kebudayaan Arab) T 2 2 8
63 P Ilmu Tajwid wa al Qira’at (Ilmu Membaca Al Qur’an) T 2 2 8
64 P Arabiyyah lish-Shohafah (Bahasa Arab Untuk Jurnalistik) T 2 2 8
65 P Khat (Kaligrafi Arab) T 2 2 8
66 P Bahasa Arab Amiyah T 2 2 8
67 P Metodologi Hukum Islam T 2 2 8
14  

Kata Alumni

“Program studi pendidikan bahasa Arab Unnes mencoba menjawab kebutuhan stekholder tersebut dengan penyajian program pembelajaran terkait (serta selalu mengadakan perbaiakan-perbaikan dalam pembelajaran). Saya sebagai alumni pendidikan bahasa Arab Unnes merasakannya kini, Alhamdulillah kini saya dapat menyelesaikan studi saya dalam 7 semester dengan hasil terbaik, dan sudah bekerja sebagai tenaga pengajar bahasa Arab di SMA Pondok Modern Selamat Kendal, saya bisa mengamalkan ilmu yang saya miliki dan saya juga mencintai pekerjaan saya karena sesuai dengan kompetensi yang saya miliki, terimakasih pendidikan bahasa Arab Unnes. Sukses selalu dalam menghidupkan bahasa Arab dimanapun berada…, jangan pernah padam semangat itu,,,membumikan bahasa Arab,”-– LAILUS SANA, Tenaga Pengajar Bahasa Arab Di SMA Pondok Modern Selamat Kendal

Alamat

Gedung B4 Fakultas Bahasa dan Seni UNNES, Kampus Sekaran, Jalan Raya Sekaran Gunungpati, Gunungpati, Semarang 50229.

Telepon/fax       : (024) 8508072