Izin                                         : 10485/D/T/K-N/2012

Gelar                                     :  Sarjana Pendidikan (S. Pd.)

Deskripsi

Program Studi (prodi) Pendidikan Bahasa Arab adalah salah satu program studi yang ada di Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Prodi ini mulai melaksanakan perkuliahan sejak tahun 2006 melalui SK Dirjen Dikti No. 1084/D2.2/2006, tanggal 14-6-2006, dipimpin oleh seorang ketua program studi (kaprodi). Sejalan dengan visi dan misi, Prodi Pendidikan Bahasa Arab dikembangkan untuk menghasilkan lulusan sarjana di bidang pendidikan dan bahasa Arab  (S.Pd.) dengan kompetensi pendukung praktisi di bidang penerjemahan, pariwisata, dan administrasi.Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Arab menawarkan sejumlah mata kuliah wajib dan pilihan 144 SKS.

Visi, Misi, Tujuan

Visi

Visi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab adalah menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang menjunjung tinggi nilai-nilai konservasi budaya dengan mengedepankan kemandirian dan profesionalisme dalam mengembangkan bidang pendidikan bahasa Arab yang mampu bersaing dalam skala nasional dan internasional.

 

Misi 

Misi Prodi Pendidikan Bahasa Arab adalah sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan penelitian di bidang ilmu bahasa Arab untuk menghasilkan lulusan yang profesional, unggul, berkarakter, dan terampil di bidangnya.
  2. Mempersiapkan sumber daya manusia yang mumpuni dalam bidang pendidikan bahasa Arab.
  3. Melaksanakan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan bahasa Arab.
  4. Menyebarluaskan pengetahuan sosial budaya dan teknologi berbasis pendidikan bahasa Arab.
  5. Mengajarkan keterampilan berbahasa Arab dalam bidang penerjemahan, kejurubahasaan, kepariwisataan, dan bisnis.

 

Tujuan

Tujuan Prodi Pendidikan Bahasa Arab adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan bahasa Arab sesuai tuntutan perkembangan zaman dan bermanfaat bagi pengembangan masyarakat.
  2. Melaksanakan program peningkatan kinerja layanan berbasis peningkatan mutu secara berkelanjutan.
  3. Membuat dan memperkuat jejaring dan kemitraan dengan universitas dan instansi lain dalam skala nasional maupun internasional untuk meningkatkan potensi keilmuan tenaga pengajar dan mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab.
  4. Menghasilkan lulusan yang berkarakter, memiliki kemampuan meneliti, mengaplikasikan, dan mengabdikan ilmunya demi memberikan manfaat kepada masyarakat serta mampu bersaing di dunia global dengan kualifikasi:
  5. Religius, jujur, cerdas, adil, tanggungjawab, peduli, toleran, demokratis, cinta tanah air, tangguh, dan santun.
  6. Terampil, mandiri, kreatif, dan inovatif, serta mampu bersaing di dunia global.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN SIKAP

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religi
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN PENGETAHUAN

  1. Menguasai konsep teoritis kebahasaan bahasa Arab dan teknik berkomunikasi lisan dan tulis dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan yang didukung pengetahuan kosa kata, gramatika, pelafalan, dan pengetahuan budaya yang tepat dan berterima.
  2. Menguasai konsep teoretis tentang pedagogi dan pembelajaran bahasa Arab yang meliputi pendekatan, metode, teknik, dan strategi yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
  3. Menguasai prinsip pengantar ilmu pendidikan, psikologi pendidikan, manajemen pendidikan, konsep dan teknik pengembangan program pembelajaran, penyajian (metode dan prosedur), pengelolaan, dan evaluasi pendidikan.
  4. Menguasai ilmu dasar lain yang menunjang pemahaman ilmu bahasa Arab dan keterkaitannya sesuai dengan perkembangan iptek.
  5. Mampu memecahkan masalah di bidang pembelajaran dan ilmu bahasa Arab melalui penerapan pengetahuan ilmu bahasa Arab pada bidang pembelajaran dan ilmu bahasa Arab, serta penerapan teknologi yang relevan.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam lamanperguruan tinggi; menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

  CAPAIAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mahir berkomunikasi dalam bahasa Arab baik lisan dan tulis dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan yang didukung pengetahuan kosa kata, gramatika, pelafalan, dan pengetahuan budaya yang tepat.
  2. Mahir melaksanakan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode, teknik, strategi, dan pendekatan yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan secara demokratis dengan penerapan media teknologi dan informasi yang berwawasan lingkungan, keilmuan, dan kebudayaan;
  3. Mampu menerjemahkan bahasa Arab ke bahasa Indonesia dan sebaliknya dengan menjunjung tinggi nilai nasionalisme dan budaya bangsa.
  4. Mampu menulis dan menyunting naskah berbahasa Arab berdasarkan prinsip kejujuran. Mampu mengelola kesekretariatan dan korespondensi dalam bahasa Arab dengan cerdas, terampil, dan santun.
  5. Mampu mengelola tugas administratif dan pelayanan bidang bisnis yang berbahasa pengantar bahasa Arab dengan jujur dan bertanggung jawab.
  6. Mampu mengaplikasikan wahana teknologi informasi komunikasi (TIK) untuk mencapai peningkatan kompetensi dan profesionalisme lulusan.
  7. Mampu mengaplikasikan statistika dalam penelitian, pengembangan, dan pengajaran di bidang pendidikan bahasa Arab dengan jujur dan bertanggung jawab.

 Download Struktur Kurikulum Prodi Pend. Bahasa Arab 2018