EnglishIndonesian

UNNES Peringkat 5 Anugerah Abdidaya 2021

Dhoni Zustiyantoro
1 bulan yang lalu

Universitas Negeri Semarang meraih peringkat 5 (lima) Nasional pada Anugerah Abdidaya tahun 2021 yang diselenggerakan di IPB University.

Rektor UNNES Prof Fathur Rokhman menyampaikan penganugerahan Abdidaya merupakan puncak program bidang pengabdian yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, meliputi Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D), Pengembangan Pemberdyaaan Desa (P3D), dan Program Wirausaha Desa (Wira Desa). Pemenang Anugerah Abdidaya tahun 2021 diumumkan pada acara Closing Ceremony Abdidaya yang diselenggarakan pada Senin 6/12.

“Bersaing dengan 113 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia, UNNES mampu meraih 4 kategori juara yakni Juara 1 kategori Support System PHP2D, Juara 1 kategori Dosen Pendamping PHP2D, Juara 3 kategori Ormawa PHP2D, dan Juara 3 kategori Dosen Pendamping Wira Desa. Perolehan prestasi ini mampu mengantarkan UNNES menduduki Peringkat 5 Nasional,” ujar Prof Fathur Rokhman.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan mengucapkan selamat atas prestasi membanggakan yang diraih tim mahasiswa pelaksana program pengabdian tahun 2021.

“Prestasi yang diraih UNNES pada Anugerah Abdidaya 2021 patut kita syukuri dan banggakan. Meskipun program ini diselenggarakan untuk pertama kalinya, UNNES mampu menunjukkan komitmennya dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi pada bidang Pengabdian kepada Masyarakat, bukan hanya oleh dosen tetapi juga oleh mahasiswa. Tetaplah semangat dalam mengabdi dan membangun desa untuk seluruh dosen dan mahasiswa pelaksana PHP2D, P3D, dan Wira Desa,” ujar Dr. Abdurrahman, M.Pd.

Berikut adalah rincian prestasi yang diperoleh UNNES pada Anugerah Abdidaya tahun 2021
Juara 3 kategori Ormawa PHP2D oleh UKM KWU FMIPA dengan judul program Pemberdayaan Masyarakat Desa Morodemak Melalui Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna Berbantuan Digitalisasi Produk Ekonomi Kreatif KUT (Kelompok Usaha Terasi).

Juara 1 kategori Support System Perguruan Tinggi oleh tim PHP2D BEM FMIPA dengan judul program Pemberdayaan Masyarakat Desa Sanggup Terdampak Erupsi Merapi Melalui Penerapan Teknologi Tepat Guna Sebagai Solusi Krisis Pakan ternak.

Juara 1 kategori Dosen Pendamping PHP2D KBBI UNNES, Diyamon Prasandha, M.Pd., dengan judul program Pemberdayaan Desa Mlatiharjo Melalui Eduwisata Batik Mlatiharjan Menuju Wisata Desa Mandiri Budaya.

Juara 3 kategori Dosen Pendamping Wira Desa Kamadiksi FMIPA, Indah Urwatin Wusono, M.Pd., dengan judul program Eskalasi Usaha Kriya Bambu di Desa Sumowono sebagai Packaging Hampers Modern dengan Pemasaran Berbasis E-Commerce.