Perkuat Kerja Sama, FBS UNNES-Undiksha Bekali Mahasiswa Agar Sejalan Kebutuhan Kerja

Dhoni Zustiyantoro
9 bulan yang lalu

Kerja sama dan kolaborasi menjadi keharusan dalam implementasi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka atau MBKM. Untuk itu, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang melaksanakan penguatan implementasi kerja sama dengan FBS Universitas Pendidikan Ganesha dan Lembaga Cinta Bahasa Bali. Kerja sama dilakukan di Bali, 13-15 Desember 2021.

Kerja sama diwujudkan melalui penandatanganan implementation arrangement (IA) sebagai salah satu implementasi kerja sama dari perjanjian kerja sama oleh Dekan FBS UNNES Dr Sri Rejeki Urip MHum dengan Dekan FBS Undiksha, Prof Dr I Made Sutama. Dekan FBS UNNES bersama Wakil Dekan I dan III, serta Gugus Kerja Sama FBS diterima oleh sejumlah pimpinan di FBS Undiksha.

Menurut Sri Rejeki Urip, penandatanganan IA merupakan bentuk implementasi antara kedua kampus untuk akselerasi program MBKM pada 2022. UNNES dan Undiksha senantiasa menjalin kerja sama yang diharapkan dapat meningkatkan reputasi dan keunggulan perguruan tinggi. Selain itu, ditandatangani pula MoU antara FBS UNNES dan Lembaga Cinta Bahasa Bali.

“Dengan adanya kerja sama ini makin membuka peluang dan kesempatan bagi mahasiswa maupun dosen untuk merasakan suasana belajar-mengajar di perguruan tinggi lain sebagai pengayaan keilmuwan dalam  tri dhama perguruan tinggi,” ujarnya.

Terpisah, Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyambuat baik dan mengapresiasi kerja sama ini, yang merupakan sebuah ikhtiar untuk membangun ekosistem MBKM antar-PT dan dunia industri dan dunia kerja (Iduka). “Kegiatan ini juga sebagai bentuk upaya nyata peningkatan partisipasi mahasiswa, perguruan tinggi, dan Iduka dalam program MBKM yang luaranya yaitu penguatan kompetensi mahasiswa ketika menjadi lulusan dan siap bersaing di dunia kerja,” kata Fathur.

Dekan FBS Undiksha I Made Sutama menyatakan bakal mengimplementasikan kerja sama ke dalam sejumlah langkah kerja. “Kami siap bekerja sama untuk mewujudkan program MBKM bersama dengan FBS UNNES,” ujarnya.