EnglishIndonesian

S1 Seni Rupa

Izin, Akreditasi, Gelar

Izin             : 2482/D/T/K-N/2010

Akreditasi      : B – Baik (2020-12-15) s.d (2025-12-13)

Gelar          : Sarjana Seni (S.Sn.)

Deskripsi

Program Studi Seni Rupa S1 FBS UNNES diselenggarakan berdasarkan SK Dirjen Dikti dengan nomor 2112/D/T/2004 mengembangkan program untuk menghasilkan lulusan S1 di bidang seni rupa, dengan konsentrasi seni gambar, seni lukis, seni patung, seni grafis, kria keramik, kria ukir, dan desain komunikasi visual; menawarkan mata kuliah pokok dan pilihan minimal 144 SKS dan maksimal 160 SKS.

Visi, Misi, Tujuan

Visi

Program Studi Seni Rupa FBS Unnes sebagai program studi berwawasan konservasi dan bereputasi internasional  untuk menghasilkan tenaga  yang berkompetensi dan   kreatiif di bidang kesenirupaan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Misi

Program Studi Seni Rupa FBS Unnes menyelenggarakan pendidikan akademik dalam rangka melestarikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan keilmuan, keterampilan dan kreativitas kesenirupaan sesuai kebutuhan masyarakat  melalui kegiatan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan

Program Studi Seni Rupa FBS Unnes:

1) Menghasilkan lulusan yang:

  1. memiliki kepribadian yang bersumber pada nilai-nilai religius budaya bangsa;
  2. memiliki pengetahuan tentang estetika seni rupa yang meliputi sejarah dan teori-teori seni rupa;
  3. memiliki kemampuan berapresiasi dan berkreasi seni rupa;   
  4. memiliki keterampilan dan sikap kreatif sebagai praktisi sesuai                                              peminatan di bidang seni rupa. 
    1. Menghasilkan penelitian dalam bidang seni rupa dan desain, yang bermanfaat bagi pelestarian dan pengembangan keilmuan
    1. Menghasilkan produk atau model pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat.
    1. Memperkuat jejaring kerjasama pada skala nasional maupun internasional dalam rangka pengembangan seni rupa dan desain

Capaian Pembelajaran (CP) Lulusan

CP Sikap:

1.    bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

2.    menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;

3.    berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

4.    berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5.    menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6.    bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7.    taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8.    menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9.    menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

10.  menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

11.  menginternalisasi sikap apresiatif dan peduli dalam pelestarian lingkungan hidup, seni, dan nilai-nilai sosial budaya yang berkembang di masyarakat.

CP Pengetahuan:

1.    Menguasai konsep teoritis kesenirupaan dan desain komunikasi visual secara mendalam, serta mampu memformulasikan untuk penyelesaian masalah kesenirupaan dan desain komunikasi visual.

2.    Menguasai konsep teoritis, sejarah, dan metodologi penciptaan seni rupa dan desain komunikasi visual, secara cerdas sebagai landasan dalam proses berkarya seni rupa dan desain komunikasi visual.

3.    Mampu  memilah dan memilih media yang sesuai untuk pengembangan  profesionalisme dalam berkarya seni rupa dan desain  komunikasi .

4.    Menguasai metodologi penelitian seni rupa.

5.    Menguasai media dan prosedur berkarya seni rupa dan desain komunikasi visual sebagai bekal dalam melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat .

6.    Menguasai konsep teoritis, prinsip, dan kiat-kiat berwirausaha seni rupa.

CP Keterampilan Umum

Lulusan Program Sarjana wajib memiliki keterampilan umum sebagai berikut:

1.    mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang  memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

2.    mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

3.    mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

4.    menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

5.    mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

6.    mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

7.    mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasiterhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.

8.    Memiliki ketrampilan berkarya seni rupa dan desai komunikasi visual yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat

CP Keterampilan Khusus

1.    Mampu berkreasi seni rupa dasar yang mencakup seni  gambar, lukis,  patung, grafis,  kriya , dan desain komunikasi visual.

2.    Mampu berkreasi seni rupa secara profesional dengan konsentrasi seni  Gambar.

3.    Mampu berkreasi seni rupa secara profesional dengan konsentrasi seni  Lukis.

4.    Mampu berkreasi seni rupa secara profesional dengan konsentrasi seni  Desain Komunikasi   Visual .

5.    Mampu menulis kritik seni rupa sesuai dengan permintaan bidang seni rupa yang dibutuhkan publik seni rupa.

6.    Mampu Menghasilkan penelitian dalam bidang seni rupa dan desain, yang bermanfaat bagi pelestarian dan pengembangan keilmuan.

7.    Mampu  Menghasilkan produk atau model pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat.

8.    Mampu mengelola aktivitas kesenirupaan (seminar, workshop, pameran, dll.).

9.    Mampu membangun  jejaring kerjasama pada skala nasional maupun internasional   dalam rangka pengembangan seni rupa dan desain.

10.  Memiliki ketrampilan dalam berwirausaha seni rupa

Peluang Kerja

  1. Tenaga profesional dalam seni rupa: seniman, animator, ilustrator, visualizer.
  2. Penata artistik.
  3. Desainer: grafis, media pembelajaran.
  4. Peneliti, penulis, kritikus, kurator dalam seni rupa.
  5. Tenaga pendidik seni rupa